Supar saat memberikan umpan lambung. (Donny)


PETERONGAN – Berada di ujung Utara Kecamatan Peterongan yang mejadi titik perbatasan antara Kecamatan Kesamben dan Sumobito, tak lantas menyurutkan semangat civitas akademika SDN Ngrandu Lor Peterongan dalam mengkail prestasi, terutama di bidang non-akademik. Hal ini cukup kentara kala Majalah Suara Pendidikan berkunjung pada Senin (2/1).

Semuanya juga tak lepas dari bukti profesionalisme pendidik yang secara totalitas membina seraya mengarahkan bakat minat peserta didik yang dapat berguna di jenjang pendidikan selanjutnya.

Kendati masih di awal jadwal bersekolah, puluhan peserta didik mulai dari kelas III-VI nampak asyik bermain voli. Menggenakan seragam olahraga dan di dampingi langsung oleh Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan, SDN Ngrandu Lor Peterongan, Supar, S.Pd. seluruh peserta didik nampak bersemangat dalam unjuk kebolehannya di lapangan voli mini yang terletak di beranda sekolah berukuran panjang 12 dan lebar seluas 5 meter. Mulai dari sekadar berlatih teknik dasar passing, berpindah posisi mencari , hingga tak jarang terjadi adu kekuatan dalam men smash ataupun membloknya.

Baca Juga: 

Disela membersamai peserta didiknya berlatih, Supar, mengungkapkan, “Voli bagi peserta didik SDN Ngrandu Lor Peterongan, jika diumpamakan maka sudah menyerupai ibu dan anak. Keduanya tak terpisahkan. Lantaran, pembinaan sekaligus regenerasi kelahiran atlet-atlet baru di bidang voli selalu bermula sejak kelas dasar.



Penempaan tersebut berlangsung selama kegiatan ekstrakurikuler yang dihelat saban pekan dengan jadwal tiga kali pertemuan. Tentunya, bagi yang sudah menonjol serta memiliki kompetensi dalam melahap teori dasar permainan voli, mendapat tambahan materi serta waktu berlatih secara intensif. Hal ini dimaksudkan agar peserta didik mendapat tambahan motivasi, untuk meningkatkan kemampuannya dalam menguasi teknik bermain voli, imbuh Supar.


Penentuan pemegang pertama. (Donny)

“Guna memantau sejauh mana pelesapan materi yang diberikan, dalam kurun waktu tertentu tak segan kami adakan pertandingan persahabatan bagi peserta didik, dengan lawan yang lebih beberapa level di atasnya. Misalnya, dengan beberapa alumni yang telah duduk di bangku SMP. Selain meninjau materi dan mengevaluasi kekurangan yang perlu ditingkatkan, pertandingan persahabatan dengan lawan tak sepadan ini memang efektif untuk menempa mentalitas peserta didik dalam mengarungi kompetisi di tingkat kecamatan sampai kabupaten,” jelas Supar.

Kepala SDN Ngrandu Lor Peterongan, Soim Romly, S.Pd. mengakui bahwa metode pembinaan tersebut memang telah moncer hasilnya. Terbukti, setiap kompetisi voli yang bergulir di setiap tahunnya baik pra maupun pasca pandemi, nama SDN Ngrandu Lor Peterongan menjadi lawan yang cukup diperhitungkan bagi satuan pendidikan lainnya.

Peserta didik berlatih passing dasar voli. (Donny)


“Tak kurang, baik Juara I-III tingkat Kecamatan Peterongan, peserta didik kami selalu berhasil menunjukkan kegigihannya dalam menaklukan lawannya. Klub voli mini Kecamatan Peterongan jenjang SD, peserta didik SDN Ngrandu Lor Peterongan selalu menjadi punggawanya. Oleh karenanya pula, semuanya juga tak lepas dari bukti profesionalisme pendidik yang secara totalitas membina seraya mengarahkan bakat minat peserta didik yang dapat berguna di jenjang pendidikan selanjutnya,” tandas Soim Romly.

Reporter/Foto: Donny Darmawan

SDN NGRANDU LOR PETERONGAN

Berdiri : 1957

Akreditasi : B

Jumlah Guru : 11

Jumlah Peserta Didik : 113

Prestasi :



Juara II Tolak Peluru POR SD Se Kabupaten Jombang Tahun 2021

Semifinalis Tolak Peluru POR SD se Kabupaten Jombang Tahun 2022

Lebih baru Lebih lama