Ilustrasi peserta didik sedang melaksanakan pembelajaran. (Ist)


NASIONAL - Setiap anak pasti pernah diajari menyanyi lagu anak-anak baik saat bersama orangtua maupun di sekolah. Saat menyanyi, anak-anak bahkan dengan cepat bisa menghafal lirik lagunya. Hal berbeda saat anak-anak harus menghafal pelajaran, sebagian anak justru mengalami kesulitan.

Tentu kamu penasaran kenapa anak lebih mudah menghafal lirik lagu daripada menghafal pelajaran? Melansir dari laman sekolah BPK Penabur, ada beberapa alasan kenapa anak lebih mudah menghafal lagu daripada pelajaran.

Apabila anak lebih cepat menghafal lirik lagu, orangtua dan guru bisa mencoba cara belajar dengan menggabungkan lagu kesukaannya dengan materi pelajaran tertentu.

Musik Mampu Membuka Informasi di Dalam Otak

Ada dua area besar di dalam otak yang berkaitan dengan memori dan menyerap informasi setiap menit yakni hipokampus dan korteks frontal. Keberadaan musik membantu karena memberi rima, ritme, dan terkadang aliterasi yang dapat membuka informasi tersebut menggunakan isyarat.

Baca Juga: Sukses Raup Untung Thrifting di Jombang

Ini merupakan struktur lagu yang membantu anak mengingatnya, serta melodi dan gambaran yang dipancing lirik lagu tersebut.

Lagu Membantu Anak Lebih Terhubung

Mendengarkan lagu merupakan salah satu aktivitas menyenangkan yang paling banyak disukai anak-anak untuk mengisi waktu luangnya. Lagu dan musik yang menyenangkan membantunya melepaskan diri dari kekhawatiran dan stres sehari-hari.



Mendengarkan lagu yang riang dan ritmis membuat anak merasa lebih terhubung dengan kehidupan. Sehingga anak lebih mudah menyanyikan lagu dan menghafal liriknya daripada materi pelajaran.

Lebih Memperhatikan Lagu Ketimbang Belajar

Biasanya anak menyukai lagu yang mungkin menggambarkan isi hatinya. Sehingga anak-anak akan lebih mudah memperhatikan setiap kata dalam lirik lagu, dibanding mata pelajaran di sekolahnya.

Semakin si kecil memperhatikan nada dan lirik lagu, maka semakin baik pula otaknya dalam menyimpan informasi. Ini juga menjadi salah satu alasan mengapa anak lebih mudah mengingat lirik lagu daripada menghafal materi pelajaran.

Lagu Sering Diputar Berulang-ulang

Kalau anak terus memutar sebuah lagu berulang kali, maka dia pasti akan lebih cepat mengingatnya. Mendengarkan lagu berulang-ulang juga bisa meningkatkan daya ingat si kecil dengan memicu pola perkembangan otaknya.

Hal Baru yang Anak Pelajari saat Memutar Lagu

Saat mendengarkan musik dapat mengasah rasa penasaran anak yang tidak ada ujungnya, dimana ia selalu bisa menemukan sesuatu yang baru untuk dipelajari.

Musik Merupakan Bentuk Ekspresi

Anak bisa merasa tertarik dan senang untuk menemukan berbagai bentuk ekspresi lewat lagu sehingga ia dapat mengingat liriknya dengan baik. Demikian alasan mengapa anak lebih mudah menghafal lirik lagu dibanding materi pelajaran.

Apabila anak lebih cepat menghafal lirik lagu, orangtua dan guru bisa mencoba cara belajar dengan menggabungkan lagu kesukaannya dengan materi pelajaran tertentu.

Sumber/Rewrite: kompas.com/Tiyas Aprilia

Lebih baru Lebih lama