Pertandingan O2SN Cabor Pencak Silat. (Rabitha)


JOMBANG – Bidang Pembinaan SD, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Jombang menyelenggarakan ajang Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tahun 2023, pada 14-15 Maret. Ajang yang rutin digelar setiap tahun tersebut kali ini memperlombakan Cabang Olahraga (Cabor) Atletik, Karate, Pencak Silat, Senam, Bulutangkis dan Renang.

Baca Juga: Sangat Menggiyurkannya PPPK

Kepala Seksi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter SD, Bidang Pembinaan SD, Disdikbud Kabupaten Jombang, Diah Tri Hekmawati, SE., M.E. menyampaikan bahwa pada tahun ini pelaksanaan O2SN digelar cukup padat hanya dua hari saja. Namun semuanya sudah berjalan dengan maksimal lantaran para tim penyeleksi dan pendataan peserta dilakukan oleh pihak profesional yang telah lama berkerjasama dengan Disdikbud Kabupaten Jombang.



Diah Tri Hekmawati mengatakan, “Perihal lokasinya juga dipilih yang memiliki standar pelaksanaan O2SN tingkat kabupaten. Diantaranya yaitu Cabor Atletik bertempat di Stadion Jombang. Cabor Karate, Pencak Sula dan Senam berpusat di Dojo Mahameru Jombang. Cabor Bulutangkis di Balai Desa Mojongapit, sedangkan Cabor Renang di Kolam Renang Satria Muda.”


Peserta O2SN saat melakukan persiapan lomba. (Rabitha)

Koordinator Seleksi O2SN Kabupaten Jombang, Sugeng Wiyoto, S.Pd. menjelaskan bahwa meskipun sempat ada pembaruan perihal peraturan di petunjuk teknis, hal tersebut tak sampai mengganggu jalannya persiapan hingga pelaksanaan. Sebab, semua telah dijelaskan secara rinci pada agenda pelaksanaan Pertemuan Teknis pada Jumat (10/3). Para peserta tahun ini merupakan peserta didik pilihan yang mewakili setiap kecamatannya.

Pertandingan O2SN Cabor Karate. (Rabitha)

Pria yang juga berkecimpung di bidang Pencak Silat itu menutup bahwa peserta berprestasi pada ajang ini nantinya akan mewakili Kabupaten Jombang dalam O2SN Pelajar Sekolah Dasar tingkat Provinsi Jawa Timur. Meskipun begitu, setelah diperoleh para pemenang juga akan terus dibina guna memperlebar peluang menang pada tingkat yang lebih tinggi selanjutnya.

Reporter/Foto: Rabitha Maha

Lebih baru Lebih lama