Kekompakan tim bola voli SDN Jatimlerek I Kecamatan Plandaan. (Rabitha)


PLANDAAN –
Kesolidan dan keseriusan satuan pendidikan dalam menempa potensi peserta didiknya menjadi salah satu kunci meraih prestasi. Semuanya harus dilakukan secara sistematis melalui pelbagai program dan latihan yang berkelanjutan, seperti yang telah diupayakan oleh SDN Jatimlerek I Plandaan.

Kesolidan para guru juga tercermin dalam tim olahraga yang diantaranya adalah atletik dan bola voli. Kegiatan ekstrakurikuler maupun latihan sebelum perlombaan diikuti peserta didik secara serius dan disiplin.

Ditemui disela kegiatannya membersamai peserta didiknya berlatih bola voli, Kepala SDN Jatimlerek I Plandaan, Endang Sisilowati, S.Pd. mengisahkan bahwa jumlah peserta didiknya cukup terbatas yaitu 58 saja. Hal ini disebabkan selain terdapat dua SDN dan yayasan pendidikan dalam satu desa juga lokasi satuan pendidikan yang sedikit jauh dari permukiman.

Baca Juga: 

Endang Sisilowati mengatakan, “Kendati demikian keterbatasan itu tak menjadi penghalang untuk meraih prestasi. Jumlah peserta didik yang sedikit tersebut justru memudahkan guru untuk mengetahui dan memetakan potensi yang dimiliki setiap diri peserta didik. Sehingga membentuk tim dan program latihan dapat secara tepat dan cepat progresnya.”



Guru PAI, SDN Jatimlerek I Plandaan, Nuryati, S.Pd.I. menambahkan bahwa para guru telah mendapat porsinya untuk membimbing peserta didik di bidang ekstrakurikuler maupun pembinaan perlombaan. Pembagian kewenangan tersebut juga dilalukan secara solid dan penuh kerjasama sesuai dengan kemampuannya.


Endang Susilowati saat membantu peserta didik memasang net bola voli. (Rabitha)

“Sebut saja saat perhelatan Pesta Siaga Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Plandaan pada November 2022 lalu. Banyaknya bidang perlombaan membuat guru harus kompak membagi perannya melatih, mulai dari pembekalan materi kepramukaan, menggambar, melukis, menyanyi, dan ketangkasan dalam berlomba. Kesolidan yang telah terbangun tersebut mampu mengantarkan peserta didik meraih prestasi hingga menjadi Juara Umum pada giat tersebut,” ujar Nuryati.

SDN Jatimlerek I Kecamatan Plandaan sebagai juara umum Pesta Siaga Gerakan Pramuka Kwarran Plandaan. (ist)

Ditambahkan oleh Guru PJOK, SDN Jatimlerek I Plandaan, Naning Ari Setyawati, S.Pd. bahwa kesolidan para guru juga tercermin dalam tim olahraga yang diantaranya adalah atletik dan bola voli. Kegiatan ekstrakurikuler maupun latihan sebelum perlombaan diikuti peserta didik secara serius dan disiplin hingga mampu menyabet Juara Umum Pekan Olahraga SD Kecamatan Plandaan Tahun 2022.

Kepala satuan pendidikan bersama seluruh guru. (Rabitha)

Naning Ari Setyawati menutup, “Seperti giat ekstrakurikuler yang seharusnya dilakukan satu minggu sekali tersebut dirasa kurang bagi peserta didik, sehingga ditambah hingga tiga kali pertemuan tiap pekannya. Terlebih saat memulai latihan pada pukul 15.00 WIB dengan penuh semangat peserta didik telah berkumpul sejak pukul 14.00 WIB baik di rumah guru maupun di satuan pendidikan dan lantaran tak banyak tim bola voli cadangan, para peserta didik tersebut rela mencari dan menjemput peserta didik lainnya hingga lengkap baru memulai latihan.”

Reporter/Foto: Rabitha Maha

PRESTASI SDN JATIMLEREK I PLANDAAN


a. Juara II Atletik Putra Kecamatan Plandaan Tahun 2022

b. Juara III Atletik Putri Kecamatan Plandaan Tahun 2022

c. Juara III Lompat Jauh Putra Kecamatan Plandaan Tahun 2022

d. Juara II Bola Voli Kecamatan Plandaan Tahun 2022

e. Juara Umum dengan 6 Piala di Pesta Siaga Gerakan Pramuka Kwarran Plandaan 2022.

Lebih baru Lebih lama