Teknik passing dan smash yang menjadi keunggulan. (Rabitha)


SUMOBITO – Capaian prestasi peserta didik tak dapat muncul begitu saja, dibutuhkan proses latihan panjang dan berkelanjutan serta dukungan penuh dari pihak satuan pendidikan maupun instansi terkait. Hal itulah yang selalu dipegang teguh oleh segenap civitas akademika SDN Kendalrejo I Sumobito untuk memotivasi peserta didiknya.

Lebih mengutamakan pada kemampuan fisik yang prima dan teknik passing untuk bertahan yang wajib dimiliki setiap anggota. Kemudian cara dan penempatan smash menyerang yang baik hingga berbuah poin.

Kepala SDN Kendalrejo I Sumobito, Arindra Yudhianto, S,Pd. mengungkapkan bahwa sudah menjadi rahasia umum bahwa peserta didik di satuan pendidikan binaannya terkenal dengan kebolehannya bermain voli. Hal ini ditengarai lantaran sejak awal berdirinya satuan pendidikan di lingkungan Desa Kendalsari masyarakatnya juga menggandrungi olahraga asal negara Amerika Serikat ini.

Baca Juga: Kenalkan Sedari Dini, Agar Anak Menggemari Membaca Buku

Arindra Yudhianto mengatakan, “Sehingga sudah menjadi tugas satuan pendidikan untuk memfasilitasi peserta didik yang memiliki potensi maupun minat dan bakat di olahraga voli. Diantaranya dengan melengkapi sarana prasarana, seperti net, bola, serta jadwal latihan yang dikonsep dalam ekstrakurikuler.”



Lebih dari itu, kedepannya berupaya akan membentuk klub voli. Perihal nama sudah ada yaitu, Arkensa yang memiliki arti Arek Kendalsari Satu, imbuh Arindra Yudhianto. Harapannya dengan adanya klub ini latihan lebih difokuskan pada kemampuan setiap individu dan tim serta terdapat peningkatan kemampuan teknik setelah menguasai permainan dasar.

Club bola voli Arkensa saat berlatih. (Rabitha)

Gayungpun bersambut, Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan, SDN Kendalrejo I Sumobito, Aripin, S.Pd. menerangkan bahwa antusias peserta didik untuk bermain voli sangat besar. Terbukti setiap terdapat waktu senggang atau istirahat selalu memilih untuk bermain voli. Terlebih saat giat ekstarkurikuler voli yang seharusnya dari pukul 15.00 s.d 16.30 WIB namun masih kurang hingga baru bubar saat Adzan Mahrib.

Kepala satuan pendidikan (kiri) bersama guru PJOK SDN Kendalrejo Sumobito. (Rabitha)

Perihal teknik yang diajarkan, Aripin membeberkan bahwa lebih mengutamakan pada kemampuan fisik yang prima dan teknik passing untuk bertahan yang wajib dimiliki setiap anggota. Kemudian cara dan penempatan smash menyerang yang baik hingga berbuah poin. Selanjutnya yang juga tak kalah pentingnya adalah melatih mental peserta didik, diantaranya dengan seringnya melakukan latih tanding antar kelas, antar tim atau bahkan dengan satuan pendidikan lainnya.

Kepala satuan pendidikan, jajaran guru dan tim bola voli Arkensa. (Rabitha)

Aripin memungkasi bahwa peserta didik yang tergabung dalam Klub Voli Arkensa diambil dari kelas III hingga kelas VI. Terdapat dua tim putra dan dua tim putri yang nantinya dapat siap setiap saat untuk diajak berlomba. Meskipun begitu, tak jarang juga mengirimkan perwakilannya untuk bertanding atas nama Kecamatan Sumobito, sehingga selain mematangkan kesolidan club juga skill setiap individu.

Reporter/Foto: Rabitha Maha

PRESTASI BOLA VOLI SDN KENDALREJO I SUMOBITO


a. Juara I Bola Voli Putra dan Putri Kecamatan Sumobito tahun 2017

b. Juara III Bola Voli Putra Kecamatan Sumobito tahun 2018

c. Juara I Bola Voli Putra dan Juara II Putri Kecamatan Sumobito tahun 2019

d. Juara II Bola Voli Putra Kecamatan Sumobito tahun 2022

e. Juara I Bola Voli Putra POR SD Kabupaten Jombang tahun 2022.
Lebih baru Lebih lama