Ilustrasi orangtua bersama anak membaca buku. (ist)


NASIONAL - Tips membuat anak lebih suka membaca perlu diketahui oleh para orang tua yang ingin menumbuhkan minat dan kecintaan buah hatinya terhadap buku. Sebab, ada banyak manfaat yang bisa diperoleh dari membaca buku. Membaca bisa menstimulasi kemampuan komunikasi dan sosialisasi anak.

Keuntungan menjadikan buku sebagai hadiah yaitu tidak akan kedaluwarsa sampai kapan pun, bahkan dapat dibaca kapan saja.

Tak hanya itu, membaca buku juga dapat meningkatkan kemampuan berpikir dan kognitif pada anak, meliputi cara mengingat, berpikir logis, hingga pengayaan kosa kata. Dilansir dari laman Healthy Children, berikut tujuh cara yang bisa diterapkan supaya anak jadi gemar membaca buku.

Memperkenalkan Buku Sejak Anak Masih Bayi
Orang tua bisa memperkenalkan buku sesuai jenjang usianya. Misalnya, busy book yang diperuntukkan bagi bayi di usia kurang dari 1 tahun. Sesuai namanya, busy book ini akan membuat anak jadi sibuk.

Baca Juga: Jombang Siapkan Perwakilan O2SN di Jawa Timur

Selain tampilan desain bukunya berwarna-warni dan bergambar, bahan bukunya terbuat dari flanel yang juga dapat melatih sensori bayi. Dengan begitu, ini bisa menjadi sarana alternatif untuk anak belajar sambil bermain. Meski anak Anda belum paham sepenuhnya tentang buku, setidaknya busy book dapat menarik perhatiannya terlebih dahulu.

Membiasakan Baca Buku Sebelum Tidur
Orang tua, baik itu ayah atau ibu, perlu meluangkan waktu untuk membacakan buku dongeng pada anak sebelum tidur. Selain melatih anak supaya suka membaca buku, momen ini bisa sekaligus membangun bonding antara anak dan orang tuanya.



Di samping membacakan buku, orang tua dapat menceritakan kembali pesan moral dari isi buku tersebut menggunakan kata-kata yang mudah dipahami anak.

Cari Buku-buku Berwarna
Tips membuat anak lebih suka membaca buku yaitu tidak memaksanya memilih buku bacaan tertentu. Anda dapat membebaskan buku pilihan anak sesuai keinginan. Pilihlah buku-buku bacaan yang menarik perhatian anak. Misalnya, buku bergambar, buku berwarna-warni, atau buku apa pun yang paling mereka suka.

Dengan memilih buku bacaan sesuai keinginannya, akan tumbuh kesan bagi anak bahwa membaca itu aktivitas yang menyenangkan.

Rutin Membaca Bersama
Saat mendampingi anak bermain, orang tua dapat memanfaatkan momen tersebut untuk membaca bersama. Orang tua bisa menceritakan isi buku dengan penuh ekspresi supaya anak merasa antusias, imajinasinya terangsang, dan kreativitasnya meningkat.

Usahakan saat membaca bersama ini ada interaksi dua arah. Misalnya, tanya jawab sehingga anak juga jadi ikut berpikir aktif.

Menjadikan Buku Sebagai Hadiah
Buku-buku dapat dijadikan hadiah atau kado supaya anak Anda merasa bahwa buku itu merupakan benda yang tidak kalah penting dan berharga. Misalnya, saat anak ulang tahun, Anda bisa memberi kado buku dongeng, buku menggambar, buku teka-teki, ensiklopedia, atau buku lainnya yang sesuai dengan usia anak.

Keuntungan menjadikan buku sebagai hadiah yaitu tidak akan kedaluwarsa sampai kapan pun, bahkan dapat dibaca kapan saja.

Baca Buku Dari E-book
Supaya anak tidak bosan membaca buku fisik, orang tua dapat memperkenalkan buku digital yaitu buku elektronik atau e-book. Layar sentuh atau fitur-fitur tambahan di e-book ini akan membantu anak jadi membaca secara komprehensif.

Selain itu, gambar-gambar yang warnanya lebih kontras di e-book jauh terlihat lebih menarik sehingga anak jadi senang membaca.

Selalu Menyediakan Buku Saat Bepergian
Orang tua dapat menyediakan berbagai macam buku bacaan untuk anak. Buku-buku dapat disimpan di kamar, ruang tv, tas, mobil, atau tempat lainnya. Jadi ke mana pun anak Anda pergi, mereka akan selalu menemukan buku untuk dijadikan media belajar dan mengisi waktu luang.

Itulah beberapa tips membuat anak lebih suka membaca buku yang bisa diterapkan oleh para orang tua.

Sumber/Rewrite: cnnindonesia.com/Tiyas Aprilia

Lebih baru Lebih lama