Pembukaan oleh Kepala Desa Sambongdukuh. (ist)


JOMBANG -
Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1444 Hijriyah, Sekolah Menengah Pertama (SMP) Darul Ulum 5 Jombang menggelar Pawai untuk menyambut bulan Ramadhan. Senin (20/3/2023). Sementara itu, Idatul Masfufah, Kepala sekolah SMP Darul Ulum 5 Jombang mengatakan, Pawai diadakan untuk syiar Islam khususnya dalam menyambut bulan suci Ramadhan ini, dengan merasa senang dalam menyambut datangnya bulan suci Ramadhan maka dapat memudahkan kita mendapatkan ridho dari Allah.

Dengan adanya kerjasama antara guru/tenaga pendidik dan kepala sekolah, antara OSIS dan anggotanya, antara lembaga dan desa, antara kepala desa dan warganya, antara lembaga dengan Banser sehingga kegiatan ini dapat terlaksana.

Idatul Masfufah menjelaskan Pawai ini juga merupakan program rutin dari SMP Darul Ulum 5 Jombang, selain itu juga untuk menjalin silaturahim agar peserta didik lebih termotivasi dalam pembelajaran sosial. Agar peserta didik tidak hanya belajar di kelas saja namun juga aktif dalam bermasyarakat.

Baca Juga: SDN Tejo III Mojoagung Menebalkan Keagamaan Melalui Praktik

Perempuan yang akrab disapa Bu Ida ini menyampaikan, diawali dengan pembukaan yang disampaikan oleh Khoirur Rozikin sebagai Kepala Desa Sambongdukuh. Pawai dimulai dengan rutenya, rute Pawai ini meliputi keliling-keliling sekitar daerah yang berada di sekolah yakni start-nya di Masjid Al-Mimbar di Desa Sambongdukuh kearah Desa Candi Mulyo menuju ke Dusun Sambongduran dilanjutkan ke Dusun Sambong Santren.



Idatul Masfufah menambahkan dimulai dari barisan pertama yaitu pembawa banner, foto Masyayikh NU, dilanjutkan pembawa bendera dan Drumband. Hal-hal menarik lainnya yaitu setelah barisan Drumband ditampilkan barisan-barisan kelas yang menunjukkan poster-poster, miniatur menyambut bulan ramadhan yang merupakan karya peserta didik, membaca lalaran Aqidatul Awam dan Nahwu Shorof. Semua peserta Pawai ini menggunakan baju seragam sekolah untuk menunjukkan almamater dan rasa cinta pada sekolah.

Peserta didik menampilkan lalaran Aqidatul Awam. (ist)

Idatul Masfufah menuturkan Alhamdulillah untuk pawai menyambut bulan Ramadhan ini berjalan lancar. Dengan adanya kerjasama antara guru/tenaga pendidik dan kepala sekolah, antara OSIS dan anggotanya, antara lembaga dan desa, antara kepala desa dan warganya, antara lembaga dengan Banser sehingga kegiatan ini dapat terlaksana.

Peserta didik menampilkan poster. (ist)

Afifta Nanda Aulia Sari, Peserta didik SMP Darul Ulum 5 Jombang mengatakan, Pawai ini dapat meningkatkan rasa senang kita dalam menyambut bulan Ramadhan. Saat mempersiapkan pawai, kita senang bisa mengembangkan daya kreatif kita dengan membuat poster, miniatur, menampilkan lalaran aqidatul awam dan nahwu shorof. Saya mengharapkan kegiatan seperti ini bisa diadakan lagi dan menjadi budaya.

Peserta didik menampilkan lalaran Aqidatul Awam. (ist)

Untuk diketahui yang turut berpartisipasi dalam kegiatan pawai sekitar 300 orang yang terdiri dari peserta didik, tenaga pendidik, karyawan, kepala sekolah, kepala Desa Sambongdukuh dan perangkatnya serta Banser Sambongdukuh.

Penulis : Ira Wahyu Wardhani (Guru SMP Darul Ulum 5 Jombang)

Lebih baru Lebih lama