Ilustrasi seseorang sedang beraktivitas saat hujan. (ist)


NASIONAL - Sejumlah wilayah di Indonesia saat ini diguyur hujan selama berhari-hari. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan peningkatan intensitas hujan sepekan ke depan yang disebabkan oleh aliran massa udara dingin dari Asia yang signifikan. Prakirawan BMKG mengatakan potensi hujan cenderung terdapat pada siang-malam hari serta dini hari.

Musim hujan bukan menjadi alasan untuk tidak berolahraga. Ada banyak jenis olahraga yang dapat dilakukan di dalam ruangan.

Tubuh lebih rentan terkena penyakit seperti flu atau demam akibat paparan bakteri atau virus yang mengganggu kegiatan sehari-hari. Terlebih, aktivitas masyarakat juga semakin padat pasca Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dicabut.

Menjaga Kesehatan Tubuh di Musim Hujan

Meskipun cuaca ekstrem melanda, bukan berarti tubuh tidak bisa tetap fit. Dikutip dari berbagai sumber, berikut adalah tips menjaga kesehatan di musim hujan.

Banyak Minum Air Putih
Saat cuaca dingin, seseorang akan jarang merasa haus dan justru akan jarang minum. Oleh karena itu, tidak perlu menunggu haus dan konsumsi air putih dengan cukup agar tubuh tidak dehidrasi. Pastikan untuk tetap terhidrasi dengan baik bahkan dalam suhu rendah agar membantu mengeluarkan racun dari tubuh.

Baca Juga: Setelah Berdiri Lama, Jangan Lupakan Berjinjit Juga

Hindari Junk Food
Makanan cepat saji atau junk food memang terlihat menggoda. Namun perlu diingat bahwa makanan tersebut dapat membawa virus berbahaya yang menyebabkan penyakit serius, terlebih jika makanan tersebut tidak higienis. Alih-alih mengonsumsi junk food, konsumsilah makanan-makanan yang bergizi seperti sayur-sayuran dan buah-buahan. Konsumsi makanan bergizi dapat meningkatkan imun tubuh.

Bawa Perlengkapan Hujan
Agar tetap aman, ingat untuk membawa payung atau perlengkapan hujan lainnya. Payung menjadi penyelamat ketika sedang terjebak di luar ruangan pada saat hujan. Perlengkapan hujan juga menjadi pelindung agar tidak terkena penyakit batuk, pilek, dan demam.



Hindari Konsumsi Makanan Pedas
Saat hujan, tubuh mungkin mengalami alergi atau iritasi kulit karena berbagai jenis makanan seperti makanan yang terlalu pedas. Disarankan untuk mengurangi kadar level pedas di makanan agar tidak terkena alergi dan penyakit lainnya.

Olahraga
Musim hujan bukan menjadi alasan untuk tidak berolahraga. Ada banyak jenis olahraga yang dapat dilakukan di dalam ruangan. Salah satunya adalah yoga yang kerap dijadikan alternatif olahraga selama musim hujan. Olahraga baik untuk menjaga imun. Pasalnya, aktivitas fisik meningkatkan sirkulasi darah, dan meningkatkan produksi serotonin atau hormon kebahagiaan. Efek baiknya sistem kekebalan menjadi lebih kuat dalam melawan virus dan bakteri.

Sumber/Rewrite: detik.com/Tiyas Aprilia

Lebih baru Lebih lama