Para calon ketua OSIS SMP Negeri 2 Mojoagung. (ist)


Slamet Hariono*

Senin (07/11) Sumber suara pelantang memberkan kommando pada seluruh guru dan tenaga kependidikan serta peserta didk SMP Negeri 2 Mojoagung untuk segera menuju lapangan tengah Perintah yang muncul bukan tanpa sebab, lantaran di waktu dan hari yang sama, SMP Negeri 2 Mojoagung sedang menggelar hajat pesta demokrasi yang terwujud dalam Paminan Ketua dan Wakil Ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) Mana Bakti 2022-2023.

Tak lama kemudian, suasana Lapangan tengah berangsur Ramai Berbarengan dengan langkah para calon Ketua dan Wakil OSIS SMP Negeri 2 Mojoagung yang dengan gagah dan sikap sempurna menduduki delapan kursi berjajar di atas panggung podium Hal tersebut praktis monyita pandangan guru maupun peserta didik, terlebih para calon Ketua dan Waki OSIS nampak anggun dengan balutan busana doerah yang sengaja dipakai untuk menambah kemeriahan suasana Pemilihan OSIS SMP Negeri 2 Mojoagung.

Setiap peserta didik bergantian memberikan hak suaranya di mulai dari kelas 7 sampai dengan kelas 9, sehingga proses kegiatan belajar mengajar (KBM) tetap dapat berjalan dengan baik, tersedia beberapa bilik suara bagi pemilih, sehingga pemilihan ketua OSIS dijamin kerahasiannya.

Organisasi Peserta didik Intra Sekolah (OSIS) SMP NEGERI 2 MOJOAGUNG hari itu menyelenggarakan pemilihan Umum Ketua OSIS periode 2022/2023, pemilihan ini di adakan sesuai dengan tata cara pemilihan kepala daerah (Pilkada) ataupun presiden di Indonesia yaitu pemilihan langsung tapi tidak dengan pencoblosan tapi dengan menggunakan aplikasi exambro dimana peserta didik melakukan scan barcode dan mengisi pilihan.

Kegiatan yang dilaksanakan Kamis (23/02) ini menganut sistem dari peserta didik, oleh peserta didik, untuk peserta didik. Prinsip demokrasi ini diterapkan dalam pemilihan Ketua OSIS yang diharapkan memberikan pelajaran untuk menggunakan hak yang dimiliki secara bertanggung jawab.

Baca Juga: Ownership Mentality Wadah Kreasi Payuguban Wali Peserta Didik

Kepala SMP Negeri 2 Mojoagung, Shobirin S.Pd., M.Si. dalam sambutan sebelum pemilihan umum mengatakan, bahwa pelaksanaan pemilihan Ketua OSIS periode 2022/2023 ini adalah wujud penanaman demokrasi sejak dini sehingga nantinya terbiasa dengan alam demokrasi yang ada di negara ini.“Jadikan Pemilihan ketua OSIS ini sarana untuk melatih berdemokrasi,” ujar Shobirin S.Pd.Msi.



Pemilihan Ketua OSIS ini cukup menarik, karena sebelum pencoblosan, 3 pasang calon yang bertarung yaitu Samara putri dan Maulana Raditya (pasangan 1) , Farah Aulia dan Busro Lana (pasangan 2), Hadika yuda dan Cindi permata (pasangan 3) melakukan orasi serta menyampaikan visi dan misi yang akan dilaksanakan 1 tahun kedepan dalam memimpin OSIS.

“Hal ini perlu dilakukan untuk mengajarkan peserta didik agar berani mengungkapkan pendapatnya kepada khalayak ramai,” tambahnya.


Proses pencoblosan pemilihan ketua OSIS. (ist)

Sementara itu Wakil Kepala Kepeserta didikan, A’an Setyorini menyampaikan, Pemilihan Ketua Osis ini diikuti oleh seluruh peserta didik kelas 7 sampai kelas 9 dengan total 622 peserta didik yang tercantum dalam daftar pemilih. “Tiap peserta didik mempunyai hak untuk melakukan pencoblosan,” kata A’an Setyorini.

A’an Setyorini menambahkan, Setiap peserta didik bergantian memberikan hak suaranya di mulai dari kelas 7 sampai dengan kelas 9, sehingga proses kegiatan belajar mengajar (KBM) tetap dapat berjalan dengan baik, tersedia beberapa bilik suara bagi pemilih, sehingga pemilihan ketua OSIS dijamin kerahasiannya.

Slamet Hariono. (ist)

“Bagi kandidat yang bersaing diharapkan dapat menerima apapun hasil yang diperoleh dalam proses pemilihan yang dilaksanakan. Selain itu Ketua OSIS yang nantinya terpilih diharapkan mampu menjadi sosok yang bisa memimpin dan memberikan contoh yang baik bagi temannya,” harapnya.

Hasil pemilihan ketua dan wakil ketua osis Samara putri dan Maulana Raditya (pasangan calon no 1) mendapat 10,,7 % .suara , Farah Aulia dan Busro Lana (pasangan no 2),mendapat 9,2 % suara Hadika yuda dan Cindi permata ( pasangan no 3) mendapat 80,1 %

*) SMP Negeri 2 Mojoagung

Lebih baru Lebih lama