Grup al-banjari SMP Negeri 5 Jombang berhasil memukau juri. (Rabitha)

JOMBANG – Banyak cara kreatif yang digunakan untuk mengenalkan satuan pendidikan guna menggaet calon peserta didik baru. Salah satunya adalah SMA PGRI 2 Jombang dengan mengadakan Festival Al-Banjari bagi SMP/MTs Sederajat Se Kabupaten Jombang, pada Sabtu (25/2) bertempat di lapangan tengah satuan pendidikan.

Untuk juri yang tergabung sangat proporsional, terdapat unsur dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang, Kementerian Agama Kabupaten Jombang dan praktisi profesional Al-Banjari. Perihal penilaian diutamakan pada vokal, adab, syair, serta musik al-banjari.

Kepala SMA PGRI 2 Jombang, Ali Ashari, S.Pd. mengisahkan bahwa festival Al-Banjari ini merupakan kegiatan yang pertama kali dilakukan. Hal ini sengaja digelar untuk melengkapi citra baru satuan pendidikan yang sebelumnya hanya populer di kegiatan keolahragaan seperti kompetisi futsal, basket, dan bola voli kini mampu melebarkan sayap di bidang keagamaan.

Baca Juga: Aliansi Inklusi Jombang Desak Pemkab Segera Terbitkan Perbup HKSR

“Terlebih berdasarkan data Penerimaan Peserta Didik Baru tahun pelajaran sebelumnya masih didominasi peserta didik baru dari kalangan SMP, untuk promosi di kalangan MTs terbilang belum maksimal. Untuk itu sengaja meramu kegiatan yang dapat menarik kalangan MTs atau satuan pendidikan berbasis keagamaan Islam,” ungkap Ali Ashari.



Patut disyukuri bahwa festival ini terbilang berhasil dan berjalan sesuai dengan harapan, ujar Ali Ashari. Peserta yang tergabung berjumlah 33 satuan pendidikan dengan rincian tujuh dari SMP Negeri dan 26 dari satuan pendidikan berbasis keagamaan, seperti SMP Islam maupun MTs.


Penampilan dari grup al-banjari SMP Negeri 6 Jombang. (Rabitha)

Sementara itu, Humas Satuan Pendidikan sekaligus Ketua Panitia Festival Al-Banjari SMA PGRI 2 Jombang, Achmad Ayub, S.Pd.I. menambahkan bahwa untuk juri yang tergabung sangat proporsional, terdapat unsur dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang, Kementerian Agama Kabupaten Jombang dan praktisi profesional Al-Banjari. Perihal penilaian diutamakan pada vokal, adab, syair, serta musik al-banjari.

Tim juri dari kalangan budayawan dan profesional di bidangnya. (Rabitha)

Achmad Ayub mengatakan, “Terdapat hal menarik pada petunjuk teknis pelaksanaan festival, para peserta selain dibebaskan membawakan lagu berbahasa Arab juga harus menyanyikan lagu Jinggle SMA PGRI 2 Jombang Membangun Insan Mulia. Hal tersebut mampu membuat acara kian meriah, lantaran para civitas akademika dan penonton dari peserta didik yang didominasi oleh pengurus OSIS dan Remaja Masjid menjadi bernyanyi bersama.”

Jajaran civitas akademika SMA PGRI 2 Jombang bersama tamu undangan. (Rabitha)

Kepala Seksi SMA, PK-PLK, Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Kabupaten Jombang, Aisyah, M.Pd. yang juga turut hadir sangat mengapresiasi langkah promosi satuan pendidikan gagasan SMA PGRI 2 Jombang ini. Harapannya setelah acara ini mampu menjadi branding satuan pendidikan yang juga unggul dalam bidang keagamaan, sehingga dapat meningkatkan jumlah peserta didik baru pada tahun pelajaran baru nantinya.

Reporter/Foto: Rabitha Maha
Lebih baru Lebih lama