Ketua Baznas Kabupaten Jombang menyerahkan sapi kurban. (rahmat)

 

Adanya pembagian daging qurban nantinya, sedikit banyak dapat memacu geliat masyarakat agar kian rajin berjamaah dan menjalankan segala bentuk kegiatan keagamaan maupun yang lainnya di Musala Al Imron. Sehingga secara tidak langsung ini merupakan upaya mensejahterakan musala.

PETERONGAN – Baznas Kabupaten Jombang kali keempat menyelenggarakan Tebar Kurban ke Pelosok Jombang di pelbagai kecamatan di Bumi Besut ini. Setelah sebelumnya mengawali di Kecamatan Bandar Kedungmulyo, Bareng, Ngusikan, dan sekarang Peterongan. Secara simbolis penyerahan dilakukan pada Selasa (27/6) di Kantor Kecamatan Peterongan, kemudian hewan qurban nantinya akan dibagikan ke sejumlah musala serta masjid yang tersebar di Kecamatan Peterongan dan Mojoagung.

Bupati Jombang, Hj. Mundjidah Wahab yang berkesempatan menyerahkan langsung kepada takmir musala dan masjid di Kecamatan Peterongan dan Mojoagung mengatakan bahwa Tebar Kurban di Pelosok Kota Santri yang digagas oleh Baznas Kabupaten Jombang merupakan gebrakan dari hasil perombakan kepengurusan. Sehingga tak ayal selama empat tahun terakhir atau kepengurusan yang baru selalu menjalankan inovasi program yang digunakan untuk kemaslahatan masyarakat di Jombang.

Bupati Jombang bersama segenap penerima hewan kurban. (rahmat)
 
“Oleh karenanya, dari 2 sapi dan 30 kambing ini sepatutnya disyukuri dan dapat diberikan kepada yang berhak sehingga semua bisa merasakan kebahagiaan di Idul Adha 1444 Hijriyah,” jelas Hj. Mundjidah Wahab.

Lebih lanjut Hj. Mundjidah Wahab pun menguraikan serangkaian program Baznas Kabupaten Jombang yang sesungguhnya dapat membantu sesama. Apalagi bila dibantu pula kesediaan masyarakat di Jombang guna terlibat untuk menyampaikan Zakat, Infak, dan Sedekahnya ke Baznas Kabupaten Jombang. Dari program Bedah Rumah, Beasiswa, Kesehatan, ekonomi, hingga Biaya Hidup Janda Dhuafa sepanjang hayat, pun dapat menjangkau lebih banyak lagi. Selain juga ada kolaborasi program yang dikerjakan bersama dengan Baznas Provinsi Jawa Timur.

Dinas Peternakan Kabupaten Jombang memeriksa kesehatan hewan kurban. (rahmat)

Sementara itu diungkapkan salah satu penerima hewan qurban dari Musala Al Imron, Kecamatan Mojoagung, Munir bahwa pemberian kambing dari Baznas Kabupaten Jombang sedikit banyak melegakan para jamaah dan masyarakat disekitar musala. Menurutnya selain nantinya dimanfaatkan oleh masyarakat yang berhak menerima, seturut dengan itu mampu menjadi siar agama Islam yang baik kepada mereka.

Munir menegaskan, “Adanya pembagian daging qurban nantinya, sedikit banyak dapat memacu geliat
masyarakat agar kian rajin berjamaah dan menjalankan segala bentuk kegiatan keagamaan maupun yang lainnya di Musala Al Imron. Sehingga secara tidak langsung ini merupakan upaya mensejahterakan musala.”

Penerima hewan kurban membawa pulang dengan berboncengan. (rahmat)

Selain Tebar Kurban ke Pelosok Jombang, program Baznas Kabupaten Jombang yang masih senafas dalam rangkaian Idul Adha 1444 Hijriyah ada Liwetan Kambing Guling di Desa Kedunglumpang Kecamatan Mojoagung dibarengi dengan penyembelihan dan pembagian daging kurban kepada masyarakat di kawasan hutan kaki Gunung Ajasmara tersebut. Dilanjutkan dengan sedekah daging ramah lingkungan sebanyak 1.300 besek yang akan diberikan ke masyarakat pedalaman dan wilayah pinggiran Telatah Kebo Kicak ini.

Reporter/Foto: Rahmat Sularso Nh.

Lebih baru Lebih lama