Kover buku berjudul Petualang Ke Desa Terpencil. (ist)


Judul Buku : Petualang Ke Desa Terpencil.
Genre : Komik
Penulis , Ilustrator : Danang Sulistiono, S.Pd.
Editor : Didin Handoko, S.Pd.
Penerbit : PT Albirruni Media Publishing
Tahun Terbit : 2023
ISBN/QRCBN : 62-116-4323-460
Tebal : 20 Halaman
Kontak Penulis : 085646107710

MEGALUH – Buku dengan genre komik berjudul Petualang Ke Desa Terpencil menjadi karya pertama yang ditulis oleh Danang Sulistiono, seorang guru di SDN Kedungrejo Megaluh. Selain aktif mengajar dan sebagai penulis, pria asli Kota Santri tersebut juga sempat tergabung dalam beberapa organisasi seperti Pramuka Kwarcab Jombang, instruktur SAKA Bhayangkara serta beberapa media kabar.

Terlepas dari masih ada kata yang tidak baku seperti ngeledek dan suweer pada halaman 9, buku komik ini sangat menggoda untuk dibaca terutama bagi kalangan peserta didik.

Menjadi guru membuatnya senantiasa memikirkan sebuah strategi guna menyukseskan proses pembelajaran di kelas. Menurut pria berusia 42 tahun tersebut, pembelajaran harus dikemas dengan asyik, menarik serta dapat memotivasi peserta didik untuk memahami materi dan mengembangkan ide karya. Memiliki hobi menulis serta kepiawaian mendesain sebuah gambar tak disiakanya begitu saja, hingga terbitlah sebuah karya berjudul Petualang Ke Desa Terpencil berupa komik pembelajaran IPA kelas V SD/MI Pada Tema Lingkungan Tempat Tinggal Makhluk Hidup.

Buku ini memiliki tampilan kover yang terbilang menyejukkan mata, sangat selaras dengan judulnya lantaran menggambarkan tokoh dua petualang yang sedang berada di lingkungan hutan. Memiliki latar bergambar pepohonan yang hijau, beraneka hewan dengan pemandangan langit biru sangat memikat untuk dibaca.

Baca Juga: Pembuatan Robot Sabit Rumput sebagai Media Pembelajaran IPA

Berbeda dengan buku komik pada umumnya, lantaran buku ini menyematkan penjelasan Kompetensi Inti Pembelajaran, Kompetensi Dasar serta Tujuan Pembelajaran. Sehingga selain asyik untuk dibaca juga selaras dengan ketuntasan materi yang harus diajarkan kepada peserta didik. Materi yang disampaikan juga tercantum jelas pada daftar isi, diantaranya adalah pengertian ekosistem, lingkungan, populasi, komunitas, habitat, dan rantai makanan.



Kisah petualangan dimulai dengan perkenalan dua bersaudara, sang kakak bernama Haidar yang mengajak sang adik yang bernama Jihan untuk berpetualang ke hutan terpencil. Sepanjang petualangan, tokoh Jihan banyak menanyakan terkait apa yang dilihatnya di hutan, seperti tumbuhan, hewan, tanah, batu, dan air.


Penyerahan buku dari penulis kepada reporter Majalah Suara Pendidikan. (ist)

Kemudian tokoh Haidar dengan kepandaian dan kesabarannya menjawab semua pertanyaan yang dilontarkan Jihan. Jawaban Haidar tersebutlah yang memiliki nilai materi, dikemas dengan singkat namun padat, sangat mudah dimengerti lantaran selain berisi penjelasan juga tak jarang ditambahkan sebuah contoh jenis tumbuhan dan hewan.

Terlepas dari masih ada kata yang tidak baku seperti ngeledek dan suweer pada halaman 9, buku komik ini sangat menggoda untuk dibaca terutama bagi kalangan peserta didik. Sebab, dapat membantu memahami pengetahuan faktual, kognitif dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu terhadap dirinya dan makhluk ciptaan Tuhan yang ada di sekelilingnya.

Peresensi: Rabitha Maha

Lebih baru Lebih lama