Penampakan Robot sabit rumput. (ist)


Saptatuhu Mardinugroho*


Pada akhir-akhir ini kita sering mendengar banyak Sekolah Dasar Negeri yang dimerger sementara banyak Sekolah Dasar swasta yang menolak siswa baru karena daya tampungnya sudah terpenuhi. Fenomena yang ada banyak sekolah dasar swasta yang mengembangkan robotik sehingga menarik minat orang tua untuk menyekolahkan ke lembaga pendidikan swasta tersebut walaupun biayanya mahal.

Hal terpenting dalam pembuatan robot sabit rumput adalah pembuatan pemrograman pada sistim mikrocontroler yang menggunakan arduino.

Hal ini merupakan tantangan baru bagi insan pendidik untuk selalu mengikuti perkembangan teknologi yang selalu mengalami perkembangan. Sebagian orang mungkin mengatakan membuat robot biayanya mahal padahal tidak selalu demikian, apalagi pada saat ini banyak rangkaian elektronik dengan harga terjangkau yang bisa digunakan pada sistim pengendali robot dan bisa dibeli secara online. Robot yang kita buat bisa berupa robot mainan maupun robot yang digunakan untuk membantu manusia dalam bekerja.

Pada umumnya penggerak robot untuk membantu pekerjaan manusia menggunakan motor arus searah atau DC (Direct Current) karena memiliki kemampuan gerak yang lebih efisien. Hal ini disebabkan karena nilai efisiensinya relatif lebih tinggi dari motor arus bolak-balik atau AC (Alternating Current). Padahal motor AC pada penggunaan bidang tertentu tetap bisa digunakan semisal pada penggerak robot sabit rumput dengan sumber tegangan 220 Volt yang dihasilkan oleh genset berdaya 1000 watt.

Baca Juga: Apresiasi Kolase Mamamia Tunjukkan Kekompakan dengan Buah Hati

Robot sabit rumput banyak sekali manfaatnya, misalnya untuk membersihkan semak belukar, memotong tanaman liar dan semisalnya. Tanaman yang telah terpotong tadi bisa kita masukkan pada mesin choper agar menjadi butiran kecil yang selanjutnya dapat digunakan untuk pembuatan pelet. Setelah keluar dari mesin pelet bentuknya bisa berupa potongan kecil-kecil sebesar kapsul obat sesuai saringan yang kita gunakan. Pelet ini bisa digunakan untuk bahan bakar memasak, pemanas open padi, alas kandang ternak dan lain-lain.

Sebenarnya di bangku Sekolah dasar siswa sudah mengenal istilah listrik AC dan DC demikian pula di bangku SMP (Sekolah Menengah Pertama) tentunya pada pelajaran IPA bahkan sudah diperkenalkan berbagai hal yang berkenaan dengan kelistrikaan termasuuk rangkaian listrik. Persoalannya disini adalah sudahkan Guru IPA di SMP memperkenalkan peserta didiknya dengan media pembelajaran yang sesuai dengan jamannya? Semisal menunjukkan alat bantu kerja manusia berupa robot sabit rumput yang memakai penggerak motor listrik. Di bangku Sekolah Menengah Atas tentunya pengenalan tentang robotik bisa dimasukkan pada mata pelajaran semacam keterampilan.



Kembali pada pembahasan motor AC sebagai penggerak robot sabit rumput, yang perlu diketahui motor AC terdiri dari motor serempak atau motor synkron dan motor tak serempak atau asynkron. Motor sinkron adalah motor AC yang bekerja pada kecepatan tetap pada sistim frekwensi tertentu (Bagia, 2018: 31). Sedangkan motor asynkron adalah motor AC yang bekerja pada kecepatan tidak tetap pada sistim frekwensi tertentu. Pada motor tak serempak meliputi motor 1 fasa dan 3 fasa. Untuk motor 1 fasa bisa berupa motor universal, motor cincin grame, motor shaded pole dan motor kapasitor. Motor kapasitor ada yang berupa motor kapasitor start, motor kapasitor tetap dan motor kapasitor start dan jalan. Robot sabit rumput ini menggunakan motor kapasitor start dan jalan.

Motor kapasitor start dan jalan disebut juga motor kapasitor strart and running. Umumnya memakai dua kapasitor yang pemasangannya bisa secara seri maupun pararel. Kegunaan kapasitor start adalah supaya saat start awal putaran motor lebih halus. Kapasitor jalan fungsinya agar putaran rotor lebih halus dan rata. Selain itu bisa berfungsi untuk melakukan perbaikan daya listrik sehingga bisa menghemat energi listrik yang digunakan.

Robot sabit rumput yang digunakan ini memakai dua motor AC. Masing-masing berfungsi sebagai penggerak maju-mundur dan sebagai penggerak kemudi saat belok. Untuk memutar pisau sirkel potong rumput memakai penggerak mesin 6,5 HP. Sistem pengendali bisa menggunakan kabel yang ujungnya diberi saklar, bisa juga memakai pengendali HP android melalui fasilitas Wi-fi dengan jangkauan 90 m jika tanpa rintangan.


Peserta didik tampak sedang menyalakan mesin. (ist)

Pada bagian belakang terdapat motor penggerak berupa motor 1 fasa jenis motor kapasitor start dan jalan 0,25 HP yang dihubungkan dengan gear box penurun putaran dengan perbandingan 1 : 60. Selanjutnya keluaran putaran gear box memutar roda gigi pemutar roda belakang robot sabit rumput. Gerak maju – mundur roda belakang dipengaruhi oleh penempatan terminal hubungan kumparan bantu pada motor penggerak 1 fasa. Rancang bangun robot sabit rumput jenis ini pernah dibuat oleh team KLH SMK Negeri Kudu di penghujung tahun 2022.

Desain dari kontroler robot pada perangkat smartphone berfungsi untuk mengoperasikan robot pemotong rumput dan terdiri dari beberapa fungsi yaitu sebagai pengontrol robot maju, mundur, belok kanan dan kiri. (Azis, 2021: 49)

Hal terpenting dalam pembuatan robot sabit rumput adalah pembuatan pemrograman pada sistim mikrocontroler yang menggunakan arduino. Arduino merupakan platform hardware terbuka yang bisa digunakan sebagai pengendali elektronik interaktif (Sasmoko, 2021: 8) Prosessor yang digunakan bisa menggunakan procsessor arduino WeMos D1. Pembuatan programnya seperti berikut ini

*) Penulis adalah pengajar Fisika di SMK Negeri Kudu, Jombang

Lebih baru Lebih lama