Tri Maryanto saat mendampingi Cika Syakila Hadiani berlatih. (Donny)


DIWEK – Menemukan jati diri peserta didik, merupakan bagian terpenting dalam seni mendidik, ujar Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan, SDN Jatipelem I Diwek, Tri Maryanto, S.Pd. saat ditemui Majalah Suara Pendidikan di sela melatih Cika Syakila Hadiani pada (26/1). Pernyataan yang dilontarkan Tri Maryanto tersebut memang cukup beralasan. Mengingat dari yang telah diupayakannya sebagai pendidik dan seluruh guru SDN Jatipelem I Diwek, mampu mengantarkan Cika Syakila Hadiani sebagai Jawara I Lari Putri 1000 Meter di kejuaraan Pekan Olahraga SD se Kabupaten Jombang pada warsa 2022 lalu.

Motivasi terbesarnya mengikuti perlombaan memang diperuntukkan untuk membanggakan guru maupun kedua orang tuanya.

“Upaya dalam membina Cika Syakila Hadiani dalam mengarungi kompetisi memang senapas dengan semangat yang dimilikinya. Mulai proses seleksi internal di satuan pendidikan hingga ke tingkat kecamatan. Sekalipun sudah memiliki antusias yang tinggi, namun sewaktu berlatih, juga terdapat pencapaian target penguasaan teknik dalam berlari serta penguatan fisik,” ungkap Tri Maryanto.

Cika Syakila Handayani pun membenarkan, bilamana serangkaian proses penempaan yang dilaluinya tak semudah menoleh ketika dipanggil. Lantaran, selain teknik dan kondisi fisik, kecepatan juga menjadi hal mutlak yang mesti dikuasai saat berlari.

Baca Juga: Gizi Murah Meriah Pencegah Stunting

Lebih lanjut, gadis belia yang juga hobi berenang ini menambahkan, “Kesulitan tersendiri ada saat sprint atau lari pendek 60 Meter. Pernapasan mesti terjaga dengan baik agar stamina tetap prima untuk menjadi yang tercepat. Kendati sukar namun ketenangan menjadi bekal utama saya saat berlatih maupun menyibak kompetisi. Sebab, dengan sikap tersebut, secara mental akan stabil dan tidak mudah demam panggung saat berlomba.”



Tri Maryanto tak menampik bilamana, ketenangan dalam menguasai teknik berlari yang ditanamkan kepada Cika Syakila Hadiani merupakan sebuah taktik. Sehingga, kombinasi antara teknik dan taktik yang mumpuni tersebut mampu membawa harum prestasi SDN Jatipelem I Diwek di kancah kabupaten.

Penghitungan kecepatan saat berlatih. (Donny)

“Syukur dari metode yang diserap Cika Syakila Handiani sewaktu pembinaan dan kala kompetisi bergulir, berakhir dengan maksimal. Hal ini dibuktikkan dengan torehan waktu 4 menit, 9,16 detik pada jarak 1000 Meter. Walhasil dari capaian yang telah di dapat, kedepannya regenerasi penggalian potensi atletik di SDN Jatipelem I Diwek akan terus dimaksimalkan dengan pendekatan yang sesuai dengan kemampuan peserta didik,” ujar Tri Maryanto.

Cika Syakila Hadiani menunjukkan medali jawaranya. (Donny)

Cika Syakila Hadiani pun mengaku turut senang, karena motivasi terbesarnya mengikuti perlombaan memang diperuntukkan untuk membanggakan guru maupun kedua orang tuanya. Selain itu, diakuinya pula, dengan bekal prestasi yang ada, gadis cilik murah senyum ini cukup senang sebab, dapat meneruskan ke SMP yang menjadi dambaannya.

Reporter/Foto: Donny Darmawan

Cika Syakila Hadiani


Tempat Tangga Lahir: Jombang, 5 April 2010

Prestasi: Juara I Matematika OSN Tingkat Kecamatan Diwek Tahun 2021

Hobi: Berenang dan Bersepeda

Cita-Cita: Atlet Lari
Lebih baru Lebih lama