Infografis Gizi Murah Meriah Pencegah Stunting. (Dok.MSP)


Sesuai Peraturan Presiden Nomor 72 Tahun 2021, Tentang Percepatan Penurunan Angka Stunting, peningkatan ketahanan pangan dan gizi menjadi dasar implementasinya. Oleh karenanya, harus mulai dipahami bahwa makanan bergizi dan sehat tidak harus mahal. Angka pemenuhan gizi ini dapat diolah melalui bahan pangan lokal yang mudah dapat di sekitar kita.

Baca Juga: Rumah Peninggalan Carik Santriman Bermanfaat Bagi Kemaslahatan

Tempe dan Tahu
Dengan bahan dasar kedelai, kandungan protein setiap 100 gram terkandung dalam tempe sebesar 14 gram. Sedangkan tahu untuk 10 gram mengandung 100 gram protein.

Kacang-Kacangan
Untuk setiap 100 gram kacang hijau, mengandung protein sebesar 8,7 gram.



Telur
Sebagai pemenuhan kebutuhan gizi, telur mengandung 100 gram. Sekaligus, Vitamin C, D, B6, B12, Magnesium, Kalsium, Zat Besi.

Hati Ayam
Di setiap 100 gram Hati Ayam terkandung protein sebesar 27,4 gram. Kandungan ini lebih tinggi dibanding daging ayam yang hanya memiliki protein sebanyak 18,2 gram.

Ikan
Kekayaan protein ikan yang mengandung asam amino, cukup baik untuk merangsang pertumbuhan sel otak balita. Kemudian lemak ikan juga tidak bersifat jenuh, dan baik untuk menurunkan kolestrol. Selanjutnya, kandungan Vitamin A, D, B6, B12, penting untuk membantu pencegahan kebutaan, menguatkan tulang, menghalau kerusakan saraf, sekaligus melindungi kesehatan jantung. Terakhir mineral mulai dari zat besi, yodium, selenium, seng, dan flour menjadi pelengkap daya kembang kecerdasan, penangkal radikal bebas, kerja enzim, sekaligus menyehatkan gigi.

Olah Data: Balitbang Majalah Suara Pendidikan

Sumber: kemkes.go.id.

Lebih baru Lebih lama