Kegiatan diskusi kelompok menulis Best Practice. (Rabitha)


JOMBANG – Kegiatan pertemuan forum Musyawarah Guru Mata Pelajaran dilakukan rutin saban bulan. Oleh karenanya, agar tidak jenuh setiap pertemuan haruslah dikemas dengan menarik dan juga memberikan ilmu yang bermanfaat bagi guru dalam menyukseskan pembelajaran. Salah satunya adalah Musyawarah Guru Bimbingan dan Konseling (MGBK) Kabupaten Jombang.

Sangat mengapresiasi forum MGBK Kabupaten Jombang dalam membuat sebuah acara. Sebab, selain bermanfaat dalam segi kompetensi menulis Best Practice juga acara ini dikemas dengan sangat menarik, seperti terdapat papan perasaan dan harapan dari acara ini.

Ketua MGBK SMP Se Kabupaten Jombang, Makhshushotin, S.Pd. menjabarkan bahwa dalam rangka penutupan seluruh kegiatan MGBK tahun pelajaran 2022-2023 segenap pengurus MGBK Kabupaten Jombang menggelar acara bertajuk Peningkatan Kompetensi Profesional Guru dalam Pelatihan Penulisan Best Practice. Pembekalan materi digelar melalui online pada (24, 25, dan 28/2), selanjutnya terdapat presentasi dan penutupan pada Rabu (1/3) bertempat di Aula I, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Jombang.

Baca Juga: Desa Gongseng, Kecamatan Megaluh Berdayakan Burung Hantu Guna Memberantas Hama

Makhshushotin mengatakan, “Perihal peserta di khususkan untuk guru BK baik dari SMP negeri maupun swasta dengan total 61 peserta. Kesemuanya mampu mengikuti acara sedari awal hingga penutupan, sehingga panitia memberikan apresiasi berupa hadiah bagi peserta teraktif, terbanyak bertanya, terlucu, tersemangat, terbaik hasil tes hingga ketua wilayah paling aktif mengoordinir.”



Narasumber acara yang juga sebagai guru di SDN Mojotrisno Mojoagung, M. Farid Ubaidillah, M.Pd. menyampaikan bahwa metode yang digunakan pada kegiatan pelatihan adalah Brainstroming yaitu dengan tanya jawab, diskusi kelompok, pembagian tugas terstruktur dan presentasi. Materi yang disampaikan meliputi, teknik penulisan Best Practice, Angka Kredit dan Literasi Digital. Harapannya setelah ada acara ini, para peserta dapat menulis karya ilmiah dan mengusulkannya untuk angka kredit.


Pemberian apresiasi kepada perwakilan kelompok penulis Best Practice terbaik. (Rabitha)

M. Farid Ubaidillah yang berpredikat Kapten belajar.id Kabupaten Jombang membeberkan, “Tips menulis bagi guru BK baiknya diawali dengan mengidentifikasi masalah yang dihadapi atau ditemui di satuan pendidikan. Kemudian merefleksikannya dengan menemukan cara atau strategi apa yang berhasil digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Selanjutnya memilih topik dari pengalaman terbaik dalam melakukan penyelesaian masalah tersebut.”

Peserta juga mengisi pre tes dan pos tes. (Rabitha)

Peserta dengan nilai rata-rata pre tes, pos tes, kuis terbaik, serta Juara I Kelompok Penyaji Best Practice, yaitu Guru BK SMP Negeri 1 Kabuh, Adwidya Prastuti, S.Pd. menyampaikan bahwa pelatihan ini sangat bermanfaat dalam meningkatkan motivasi guru untuk menulis karya ilmiah. Perihal judul yang diajukan saat pelatihan tersebut adalah termotivasi dari pengalaman beberapa guru BK yaitu Penerapan Teknis Disdkusi Kelompok untuk Meningkatkan Awareness Siswa Mengenai Perilaku Bullying melalui Media Misteri Card.

Kepala Disdikbud Kabupaten Jombang bersama seluruh panitia dan peserta. (Rabitha)

Kepala Disdikbud Kabupaten Jombang, Senen, S.Sos.,M.Si yang didapuk sebagai Keynote Speaker acara menyampaikan bahwa sangat mengapresiasi forum MGBK Kabupaten Jombang dalam membuat sebuah acara. Sebab, selain bermanfaat dalam segi kompetensi menulis Best Practice juga acara ini dikemas dengan sangat menarik, seperti terdapat papan perasaan dan harapan dari acara ini.

Reporter/Foto: Rabitha Maha

Lebih baru Lebih lama