Guru dan peserta didik foto bersama saat program Kamis Budaya. (ist)


Vivi Meidina Amalia,S.Pd*

Salah satu cara untuk mengenalkan ragam budaya selain di dalam proses pembelajaran adalah sebuah pembiasaan dengan adanya program Kamis Budaya. Keseluruhan civitas akademik di satuan pendidikan mulai dari peserta didik, guru, maupun kepala satuan pendidikan memakai baju adat dari berbagai daerah.

Semoga dengan kegiatan Kamis Budaya ini mampu meningkatkan rasa cinta peserta didik terhadap budaya Indonesia yang beranekaragam.

Program ini disambut baik peserta didik dan wali peserta didik. Ada yang memakai baju adat Madura, Solo, Betawi, dan banyak lagi yang lainya. Kamis Budaya biasanya diisi dengan kegiatan yang beragam diantaranya yaitu Fashion Show baju adat yang dilaksanakan setelah doa pagi bersama dihalaman sekolah . Tujuannya untuk mengenalkan baju adat dari berbagai daerah yang dipakai oleh masing-masing peserta didik. Selain itu juga dapat melatih rasa percaya diri peserta didik.



Diharapkan mampu untuk meningkatkan minat dan kreatifitas peserta didik. Tidak hanya peserta didik tetapi guru serta Kepala SDN Sidowaerk II Ngoro pun turut memeriahkan fashion show dengan menampilkan kebaya atau baju adat yang dikenakan. Hal ini tentunya membuat keseluruhan yang hadir dan menyaksikan terhibur riang gembira sehingga suasana Kamis Budaya sangat dinanti disetiap minggunya.


Para guru foto bersama menggunakan baju adat. (ist)

Kesempatan ini launching Batik Jombang Deles para guru mengenakan baju adat khas Jombang ini menjadi seragam pada Kamis Budaya. Bahkan sejak minggu pertama di Februari 2023 ini, dengan perpaduan corak yang memiliki makna mendalam tentunya kami sangat bangga dan senang mengenakanya. Semoga dengan kegiatan Kamis Budaya ini mampu meningkatkan rasa cinta peserta didik terhadap budaya Indonesia yang beranekaragam.

*) Guru SDN Sidowarek II Ngoro

Lebih baru Lebih lama