Anggota Baznas Kabupaten Jombang melakukan survei di lokasi pelaksanaan. (Ist)

 

"Sangat terbuka dan menyambut baik akan kegiatan Liwetan Kambing ini. Benar sekali harus ada pembagian tugas supaya tak sampai semrawut. Selain demi kesuksesan acara, juga aksi baik ini bisa menjadi wujud kebersamaan."

MOJOAGUNG - Baznas Kabupaten Jombang bersama Roushon Fikr Peduli (RFP) mematangkan gagasan kegiatan Liwetan Kambing Guling yang rencananya akan di helat di Dusun Gedangan, Desa Kedunglumpang, Kecamatan Mojoagung pada Sabtu (1/7). Selain itu juga dibarengi dengan penyembelihan hewan quran sebanyak satu ekor sapi dan tiga ekor kambing. Dilanjutkan pembagian kepada warga yang berhak menerimanya.

Koordinasi yang berlangsung, Rabu (14/6) dilanjutkan dengan survei ke lokasi langsung yang berada di tengah belantara hutan yang berbatasan dengan Kecamatan Wonosalam turut mengundang Koordinator Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kecamatan Mojoagung beserta Kepala Desa Kedunglumpang.

Baznas Kabupaten Jombang, RFP, UPZ Kecamatan Mojoagung dan perangkat Desa Kedunglumpang. (Ist)

Ketua Panita Liwetan Kambing Guling, Baznas Kabupaten Jombang, Rahmat Sularso Nh. mengawali dengan menyampaikan izin dan permisi guna menyelenggarakan kegiatan yang rutin dilakasanan oleh Lembaga Amil Zakat (LAZ) milik pemerintah ini. Sekaligus memaparkan sedikit gambaran kegiatan beserta pembagian tugasnya.

"Harapannya dengan adanya pembagian tugas yang jelas pada hari pelaksanaannya nanti tidak terjadi tumpang tindih pekerjaan dan bisa selesai dengan efektif," terang lelaki berkacamata ini.

Ketua Panitia Liwetan Kambing Guling menjelaskan tata letak pada konsep awal. (Ist)

Kepala Desa Kedunglumpang, Juprianto pun mengaku senang ketempatan kegiatan yang digagas oleh Baznas Kabupaten Jombang dan RFP. Terlebih lagi pelibatan aktif perangkat desa bersama warga sehingga terjalin silahturahmi dan ikut merasakan bahwa ini adalah kegiatan yang diusung secara bergotong royong.

Juprianto menuturkan, "Sangat terbuka dan menyambut baik akan kegiatan Liwetan Kambing Guling ini. Benar sekali harus ada pembagian tugas supaya tak sampai semrawut. Selain demi kesuksesan acara, juga aksi baik ini bisa menjadi wujud kebersamaan."

Memperhatikan penjelasan dari Kepala Desa Kedunglumpang. (Ist)

Perwakilan dari RFP, Imma Rahmawati Ulfa menerangkan nanti serangkaian kebutuhan yang diperlukan dalam Liwetan Kambing Guling akan diupayakan dipenuhi oleh Baznas Kabupaten Jombang dan RFP. Sehingga panitia lokal yakni UPZ Kecamatan Mojoagung dan warga Desa Kedunglumpang tidak perlu memikirannya lagi. Tinggal membantu memepelancar kegiatan ini utamanya dalam hal pembagian daging hewan qurban sehingga bisa langsung sampai ke tangan warga yang berhak menerimanya.

Sementara itu Ketua Baznas Kabupaten Jombang, Didin A. Sholahudin ketika meninjau lokasi pelaksanaan menilai bahwa perlu ada beberapa penyesuaian. Terlebih setelah melihat langsung keadaannya.

Perangkat Desa Kedunglumpang menjelaskan lokasi pelaksanaan Liwetan Kambing Guling.

"Jadi wajib dipastikan titik-titik yang bakal digunakan penyembelihan hewan qurban, pengkulitan, pembersihan jeroan, penimbangan, hingga makan bersama. Dengan begitu akan lebih jelas dan kepanitiaan tak sampai  kebingungan," ungkap Didin A. Sholahudin.

Lebih lanjut, Didin A. Sholahudin pun mengaku perlu perbaikan tempat Mandi, Cuci, Kakus atau MCK agar lebih layak digunakan. Misalnya lebih tertutup dan dibersihkan kembali. Beruntungnya lokasi yang berada di jalan utama menuju puncak Gunung Anajasmara ini, airnya terbilang mencukupi. Lebih lagi setelah berkoordinasi dengan warga setempat, ternyata meski memasuki musim kemarau tak sampai kekurangan air.

Reporter/Foto: Rahmat Sularso Nh.



Lebih baru Lebih lama