Prosesi wisuda ditandai dengan pemberian rapor pendidikan. (Rabitha)

JOMBANG – SMP Negeri 5 Jombang menggelar agenda istimewa yakni Purnawiyata bagi peserta didik kelas IX tahun pelajaran 2022/2023. Agenda dengan tema Bersyukur Atas Anugerah, Siapkan Diri Menuju Masa Depan tersebut terselenggara dengan meriah dan penuh makna pada Rabu (7/6) bertempat di halaman satuan pendidikan.

Penyerahan piagam peserta didik berprestasi. (Rabitha)

Kepala SMP Negeri 5 Jombang, Kurniadi, S.Pd.,M.Pd. menyampaikan terimakasih atas kerjasama dari seluruh panitia yang telah menyukseskan acara dengan baik dan lancar. Patut disyukuri meskipun baru terhitung lima bulan menjabat sebagai kepala satuan pendidikan namun sangat terbantu dengan pelbagai pihak, mulai dari guru, tenaga kependidikan, komite, paguyuban dan seluruh wali peserta didik.

Senen saat menghadiri acara purnawiyata SMP Negeri 5 Jombang. (Rabitha)

Selanjutnya, Kurniadi juga mengaturkan rasa terimakasihnya kepada seluruh tamu yang berkenan hadir. Diantaranya adalah Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Jombang, Pengawas, perwakilan anggota Musyawarah Kerja Kepala Sekolah, Muspika Jombang serta tamu kehormatan lainnya.

Peserta mencium bendera yang mencerminkan pelajar berkarakter Pancasila. (Rabitha)

Kurniadi mengatakan, “Peserta didik kelas IX yang diwisuda hari ini berjumlah total 278. Bersyukur kesemuanya mampu menuntaskan persyaratan kelulusan dengan nilai yang membanggakan. Terlebih terdapat peserta didik yang selain berprestasi di bidang akademik juga non akademis seperti taekwondo tingkat Provinsi. Tak ketinggalan juga berpesan bagi seluruh peserta didik agar senantiasa melanjutkan praktik ibadah yang telah terlaksana selama disatuan pendidikan seperti salat berjamaah dan mengaji, serta harus berbakti kepada orangtua dan guru.

Jajaran peserta didik berprestasi. (Rabitha)

Kepala Disdikbud Kabupaten Jombang, Senen, S.Sos.,M.Si. menyampaikan bahwa prosesi wisuda bukanlah akhir dari sebuah pendidikan. Peserta didik harus optimis melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi dan meraih masa depan cerah tanpa harus terkendala ekonomi lantaran hampir semua satuan pendidikan pastinya memiliki cara agar peserta didiknya mampu bersekolah, seperti beasiswa, keringanan biaya hingga surat keterangan pendukung administrasi lainnya. Namun, dengan catatan peserta didik harus pintar serta menghindari hal-hal yang dapat merusak masa depan, sebut saja merokok, narkoba, minuman keras hingga pergaulan bebas.

Reporter/Foto: Rabitha Maha

Daftar Nama Peserta Didik Berprestasi

Rangking

Nama

Kelas

1

Listya Adinda Paramita

IX-H

2

Checia Putriyusuwan

IX-F

3

Julian Krisna W

IX-B

4

Ulfi Kayla Putri

IX-F

5

Ibnu Fajar H

IX-B

6

Jorgensen Tanelie K

IX-H

7

Wynonna Rory B

IX-B

8

Nabila Rosier

IX-D

9

Riska Isnani R

IX-F

10

Ricca Rahma M

IX-A

Taekwondo Tingkat Provinsi

Natasya Dian M

IX-C



Lebih baru Lebih lama