Penampilan tari tradisional remo yang diiringi langsung oleh grup karawitan. (Rabitha)


MEGALUH – Suasana berbeda terlihat di halaman SMP Negeri 2 Megaluh, tampak rapi dan memesona segenap civitas akademika mengenakan seragam Batik Lurik hingga setelan jas. Begitupula dengan anggota paguyuban, wali hingga peserta didik yang tampak bagus dan anggun mengenakan pakaian adat tradisional. Ternyata hari itu Sabtu (3/6) berlangsung agenda yang sangat istimewa yakni Pentas Seni dan Purnawiyata Tahun Pelajaran 2022/2023.

Baca Juga: Ajukan Sarpras, Harus dengan Data yang Pas

Kepala SMP Negeri 2 Megaluh, Sugeng Wibowo, M.Pd. menyampaikan rasa bangganya terhadap seluruh peserta didik khususnya bagi kelas kelas IX yang hari ini menjalani prosesi wisuda. Tak lupa juga kepada wali peserta didik yang telah mempercayakan pendidikan buah hatinya kepada satuan pendidikan yang kerap disebut Spadamega ini.

Tim Ludrukan yang sangat menghibur tamu undangan. (Rabitha)

Pria yang akrab disapa Pak Es itu menjabarkan pelbagai prestasi telah berhasil diraih oleh peserta didik. Diantaranya adalah bidang akademik yang ditandai dengan lengkapnya ujian sumatif bagi kelas IX, berhasil meraih kejuaraan Olimpiade Sains Nasional hingga rentetan prestasi non-akademik seperti atletik dan selam tingkat provinsi serta kesenian tradisional laiknya tari dan karawitan.

Segenap tamu undangan yang hadir. (Rabitha)

Ditambahkan Wakil Kepala Bidang Kesiswaan sekaligus Ketua Panitia Acara, Abdul Gofur, S.Pd. bahwa bersyukurnya acara yang telah dipersiapkan satu bulan sebelumnya ini mendapat dukungan dari pelbagai pihak. Mulai dari kerjasama guru kelas, pembina ekstrakurikuler hingga paguyuban yang diwakilkan dua orang per kelas yang bertugas sebagai panitia hingga jajaran penerima tamu.

Gebyar penganugerahan peserta didik berprestasi. (ist)

Abdul Gofur mengatakan, “Acara yang rutin diselenggarakan per tahun ini juga dihadiri oleh segenap tamu kehormatan. Diantaranya adalah pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Jombang yang diwakili Kepala Bidang Pembinaan SMP, kepala SD dan SMP se Kecamatan Megaluh, komite, paguyuban wali peserta didik, Muspika dan Camat Megaluh hingga seluruh wali peserta didik kelas IX.”

Kepala satuan pendidikan bersama panitia dan wali kelas IX. (Rabitha)

Kepala Bidang Pembinaan SMP Disdikbud Kabupaten Jombang, Safak Efendi, M.Pd. yang juga turut hadir sangat mengapresiasi kegiatan purnawiyata yang dikolaborasikan dengan pentas seni. Terlebih pada penampilan Dagelan dan Ludrukan bertajuk Sarip Tambak Oso yang selain mampu menghibur penonton juga sarat akan makna kearifan lokal. Harapannya kegiatan ini menjadi momen indah dan berkesan bagi peserta didik kelas IX.

Reporter/Foto: Rabitha Maha

Daftar Nama Peserta Didik Berprestasi

Nama

Prestasi

Delia Kirana Azzahrah

Akademis Peringkat I

Kharimatus Saidah

Akademis Peringkat II

Ellysya Nurdiana Lestari

Akademis Peringkat III

Erianto Brahma Santoso

Non-Akademis

Vita Rahma Ardiana

Non-Akademis

Lebih baru Lebih lama