Para profesi cilik saat bersiap bertugas menyapa anak didik. (Rabitha)


KUDU – Membangun semangat belajar di satuan pendidikan tentu menjadi tugas bersama antara civitas akademika dan wali anak didik. Hal tersebut dapat dilakukan melalui pelbagai cara, salah satunya yang berhasil menginspirasi anak didik adalah program Salam Semangat Profesi Cilik di TK Negeri Pembina Kecamatan Kudu.

Selain menumbuhkan semangat, manfaat lain yang dipelajari anak didik dalam program ini diantaranya adalah lebih mengenal profesi dan tugasnya, belajar mandiri dengan mengenakan seragam tersebut secara mandiri.

Kepala TK Negeri Pembina Kecamatan Kudu, Nanik, S.Pd. menyampaikan bahwa program Salam Semangat Profesi Cilik tersebut telah dilakukan sejak awal tahun 2022 lalu. Hal itu diawali dengan adanya bantuan seperangkat seragam profesi cilik dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang yang berjumlah sepuluh set dengan jenis baju diantaranya ada koki, polisi, tentara, pemadam, dokter, pilot, dan insinyur pertukangan.

Baca Juga: Pekerjaan Baru? Siapa Takut

Nanik mengatakan, “Awalnya seragam tersebut hanya digunakan ketika ada kegiatan seperti karnaval, pawai ataupun peragaan busana saja. Akhirnya terdapat ide untuk digunakan sebagai seragam ketika melaksanakan pembiasaan salam semangat saban pagi hari dan program tersebut diberi nama Salam Semangat Profesi Cilik.”



Bersyukurnya program tersebut berbuah manfaat yang sangat banyak, imbuh perempuan berkacamata itu. Mulai dari menumbuhkan semangat setiap anak didik yang bertugas menyapa, memberikan inspirasi cita-cita terkait profesi kelak di kemudian hari dan mendorong datang ke satuan pendidikan tepat waktu dengan hati yang gembira.


Profesi cilik berfoto dengan para pendidik. (Rabitha)

Guru TK Negeri Pembina Kecamatan Kudu, Ah Suhuddin, S.Pd. menjelaskan bahwa teknisnya, setiap hari terdapat empat anak didik yang bertugas. Pembagiannya berdasarkan nomor absen, dan peserta didik dibebaskan untuk memilih seragam profesi apa yang ingin dikenakan. Kemudian seragam akan dibagikan satu hari sebelumnya, sehingga anak didik berangkat dari rumah sudah menggunakan seragam tersebut.

Formasi kegiatan pembiasaan salam semangat profesi cilik. (ist)

Ah Suhuddin mengutarakan, “Penuh bangga anak didik yang bertugas berbaris rapi didampingi guru menyambut kedatangan teman sebayanya. Bergaya santun, penuh senyum, dan sesekali hormat menjadikan suasana pagi di satuan pendidikan yang terletak di Desa Bendungan Kecamatan Kudu itu sungguh meriah. Menariknya juga terdapat selempang yang bertuliskan salam dalam empat bahasa berbeda, yaitu bahasa Indonesia, Inggris, Arab dan Jawa.”

Civitas akademika TK Negeri Pembina Kecamatan Kudu kompak mengenakan seragam tradisional. (ist)

Selain menumbuhkan semangat, manfaat lain yang dipelajari anak didik dalam program ini diantaranya adalah lebih mengenal profesi dan tugasnya, belajar mandiri dengan mengenakan seragam tersebut secara mandiri, imbuh Ah Suhuddin. Seraya memopulerkan satuan pendidikan lantaran belum semua satuan pendidikan jenjang TK memiliki seragam dan digunakan dalam kegiatan pembiasaan.

Reporter/Foto: Rabitha Maha/Istimewa

Prestasi TK Negeri Pembina Kecamatan Kudu


- Juara II Lomba Tangram Kabupaten Jombang

- Juara II Lomba Mewarnai Kecamatan Kudu

- Juara Harapan I Lomba Mewarnai Kecamatan Kudu

Lebih baru Lebih lama