Ilustrasi bekerja di tempat baru. (Ist)


NASIONAL - Pekerjaan dan tempat kerja baru akan menjadi tantangan. Bertemu dengan orang-orang dan menjalani tugas baru akan menjadi pengalaman utama. Beradaptasi itu menjadi kunci untuk bisa segera berkembang di tempat kerja yang baru. Berikut kiat memulai pekerjaan di tempat baru.

Baca Juga: Bahasa Ibu Landasan Kembangkan Tumbuh Kembang Anak

Meja Kerja
Jika pada hari pertama bekerja sudah mendapat dan mengisi meja kerja, maka meluangkan waktu untuk menyesuaikan diri, dikutip dari Indeed. Misalnya, seperti letak toilet dan mengingat ruang lainnya. Mempertimbangkan juga perlengkapan yang perlu dibawa dari rumah, seperti bantal kursi, tanaman hias, kalender, foto yang membantu merasa nyaman dan produktif di ruang kerja yang baru.



Sikap
Jika memungkinkan, bangun lebih awal pada hari pertama dan menyempatkan waktu untuk mempersiapkan aktivitas. Mempersiapkan diri sarapan, makan minum yang menyenangkan, mendengarkan lagu kesukaan saat keluar rumah. Bikin suasana nyaman saat tiba di kantor, supaya terbentuk sikap yang menyenangkan saat bertemu rekan kerja baru.

Mendengar dan Mencatat
Merujuk Coursera, coba untuk menyerap yang didengar daripada berbicara atau buru-buru mengomentari. Setelah banyak mencatat dan mulai memahami, coba untuk bertanya dan menjalin komunikasi dengan manajer atau orang dalam tim.

Memahami Kebutuhan
Banyak yang harus dipelajari selain membuat catatan, menyimak rekaman, presentasi, atau bentuk dokumentasi lainnya yang merujuk informasi penting. Sumber daya digital juga perlu ditandai agar mudah diakses.

Mengetahui Prioritas
Pada hari atau pekan pertama untuk bertemu dengan manajer atau pimpinan tim kerja. Bisa dimulai dengan berbincang-bincang tentang harapan tentang orientasi dan penempatan dalam pekerjaan. Ini bisa berguna untuk memahami prioritas mana yang harus difokuskan.

Sumber/Rewrite: tempo.co/Tiyas Aprilia

Lebih baru Lebih lama