Ilustrasi peserta didik minum air putih. (Ist)


NASIONAL - Setiap orang tentu ingin tubuhnya sehat dan bugar. Salah satu caranya ialah mengonsumsi makanan bergizi seimbang. Olahraga rutin juga diperlukan agar tubuh tetap bugar. Tapi, ada hal penting lain juga yang harus dilakukan, yakni minum air putih.

Mengonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup menjadi sangat penting karena 60-70 persen tubuh manusia terdiri dari air. Lalu, apa saja manfaat air putih bagi tubuh manusia? Apakah peserta didik sudah paham? Dilansir dari laman Direktorat SMP Kemendikbud Ristek, ini penjelasan mengenai manfaat minum air putih bagi tubuh.

Baca Juga: PPDB Tapel 2023/2024 Ada Perubahan Pola Penilaian Jalur Tahfidz

Bisa Menjaga Tekanan Darah
Tentu air berfungsi untuk mengencerkan kandungan garam yang mengikat air sehingga menyebabkan tekanan darah menjadi tinggi. Oleh karena itu, bagi peserta didik SMP yang memiliki masalah pada tekanan darah sebaiknya perbanyak minum air putih.

Dapat Menyehatkan Pencernaan
Adapun manfaat minum air putih yang utama ialah untuk membantu melancarkan pencernaan. Jika kamu tidak banyak minum air, maka feses akan keras dan akan menyebabkan sembelit. Selain itu, dengan mengonsumsi air putih juga dapat mengurangi rasa kembung di perut.



Cegah Penyakit Jantung
Jika tekanan darah stabil, maka penyakit jantung juga dapat dihindari. Mengonsumsi air putih secara rutin dapat membuka jalur yang tersumbat di dalam peredarah darah.

Bisa Meningkatkan Daya Ingat Otak
Air terutama yang memiliki kandungan mineral yang tinggi memiliki kandungan kalium. Kandungan ini dapat membantu mengaktifkan elektrolit pada otak sehingga dapat meningkatkan konsentrasi. Hal inilah yang membuat kamu bisa lebih fokus saat belajar di sekolah dan beraktivitas di mana saja.

Kulit Jadi Lembab
Dengan minum air putih, maka kulit terhidrasi. Hal ini menyebabkan kulit tampak lebih sehat dan lebih lembab serta bercahaya. Jadi bagi kamu yang memiliki masalah kulit seperti kulit kusam dan berminyak, pastikan mengonsumsi air putih yang cukup.

Tehindar dari Penumpukan Lemak
Tak hanya itu saja, ternyata air putih bisa membantu memecahkan lemak. Mengonsumsi air putih membantu pemecahan lemak hingga membakar beberapa ekstra lapisan lemak dalam tubuh. Selain berolahraga rutin, mengonsumsi air putih yang cukup bisa membantu proses penurunan berat badan karena membantu mengontrol kalori.

Jaga Kesehatan Tulang
Pesrta didik minum susu bisa membantu kesehatan tulang. Tapi air putih juga memiliki kandungan kalsium yang baik untuk tulang. Air putih juga mengandung kalium yang dibutuhkan oleh tubuh. Adapun konsumsi air putih yang dianjurkan setiap hari yaitu sebanyak 8 gelas atau 2 liter.

Namun, selain mendapatkan asupan cairan dari air putih, kamu juga bisa mendapatkan asupan cairan dari makanan sebanyak 20 persen. Jadi, jangan lupa mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan air seperti buah dan sayur serta minum air putih.

Sumber/Rewrite: kompas.com/Tiyas Aprilia

Lebih baru Lebih lama