Ilustrasi anak membereskan kamar tidurnya. (Ist)


NASIONAL - Seperti kekuatan fisik, membangun kekuatan mental juga penting. Cukup lakukan beberapa kebiasaan sederhana berikut dan Anda akan memiliki mental lebih kuat. Di tengah tanggung jawab pekerjaan, tuntutan keluarga dan lingkungan, serta masalah dalam hubungan, Anda dituntut untuk tetap berdiri tegak. Namun, kadang kala ada hal-hal yang membuat Anda tertunduk lesu, tertekan, dan loyo.

Baca Juga: Workshop MC Menumbuhkan Kompetensi Baru

Orang dengan mental lemah tentu perlu waktu lama untuk bangkit dan kembali menghadapi realita. Sebaliknya, mereka yang bermental kuat bisa melakukannya lebih cepat. Memiliki mental sekuat baja bukan hal mustahil. Salah satunya bisa dilakukan untuk melakukan beberapa kebiasaan berikut.

Rapikan Tempat Tidur
Merapikan tempat tidur setelah bangun akan memberikan kebanggaan karena Anda punya capaian di permulaan hari. Riset menemukan, orang yang rajin merapikan tempat tidur lebih bahagia dalam hidup, lebih produktif, dan punya kebanggaan lebih besar atas capaian dari apa pun yang dikerjakan.



Berkata Positif ke Diri Sendiri
Mulai sekarang, coba berkomitmen untuk tidak berkata buruk pada diri sendiri. Mengutip Life Hack, coba lontarkan kata-kata positif untuk diri sendiri. Afirmasi positif jadi salah satu kebiasaan untuk membuat mental lebih kuat.

Bersyukur
Ekspresikan rasa syukur Anda dalam bentuk apa pun, termasuk menulis jurnal atau mengucapnya dalam doa. Psikoterapis Amy Morin berkata, ekspresi syukur akan menjauhkan diri dari sikap mengasihani diri sendiri dan membuat pandangan akan hidup lebih cerah.

Ambil Waktu Sendiri
Sediakan ruang untuk diri sendiri. Ruang ini penting di tengah padatnya aktivitas kerja dan sosial harian. Setidaknya sisihkan 10 menit per hari untuk sendirian tanpa bersentuhan dengan semua itu. Dalam hening dan kesendirian, pikiran akan lebih sehat. Selama sekitar 10 menit, Anda bisa menulis jurnal, meditasi, atau menikmati kopi sambil melamun.

Berikan Label pada Emosi
Emosi Anda memainkan peran besar pada setiap keputusan dalam hidup. Morin berpendapat, sangat penting untuk mengidentifikasi perasaan atau emosi dan ambil waktu untuk memikirkan kembali bagaimana emosi itu memengaruhi keputusan Anda. Anda akan memberikan keputusan paling bijak saat emosi dan logika seimbang.

Akui Kelemahan
Mengutip GQ India, menganggap diri tak terkalahkan dan punya banyak kelebihan bisa membuat Anda jatuh makin dalam. Artinya, sekali jatuh, Anda sulit untuk bangkit. Dengan mengakui kelebihan sekaligus kelemahan, mental bisa lebih kuat, apalagi saat ditempa tantangan.

Lakukan Hobi atau Aktivitas yang Menyenangkan
Salah satu kebiasaan untuk membuat mental kuat adalah memperhatikan diri sendiri (self care). Bentuk self care sederhana adalah dengan melakukan hobi atau aktivitas yang menyenangkan. Anda akan merasa lebih baik berkat hobi sehingga muncul rasa percaya diri dan bangga akan kemampuan sendiri. Hobi juga akan membawa kata-kata positif buat diri sendiri sehingga mental lebih kuat.

Sumber/Rewrite: cnnindonesia.com/Tiyas Aprilia

Lebih baru Lebih lama