Infografis Mudahnya Menulis Esai. (Dok.MSP)


Esai merupakan gambaran opini ihwal persoalan atau penilaian mengenai suatu gambaran objek yang bersumber dari sudut pandang penulis. Dalam bahasa Perancis, kata esai memiliki arti berusaha atau mencoba. Oleh karenanya, merunut dari arti hafiahnya, untuk membuat sebuah esai memang membutuhkan latihan menulis secara intens dan sederhana.

Baca Juga: Bangun Tidur Minum Air Hangat? Ternyata Besar Manfaatnya

1. Menyusun Draft

Guna mengawali susunan esai, maka, draf harus disusun terlebih dahulu. Manfaat penyusunan draf sebelum menulis esai ini diantaranya :

· Membantu menyusun struktur maupun kerangka esai

· Menjawab pertanyaan ide pokok

· Menyertakan bukti dan contoh yang digunakan

· Menyusun argumen secara logis

Setelah empat poin draf di atas tersusun, maka langkah selanjutnya ialah menyusun esai sesuai kerangka, yaitu :

2. Pendahuluan

Berisi gambaran umum dari ide pokok yang hendak dibahas dalam esai. Untuk pragraf pertama dapat ditulis dengan isian pengenalan luasan topik dan persoalan yang akan ditulis. Setelahnya, tulisan akan mulai fokus kepada argumen penulis yang akan menjawab persoalan tersebut.



3. Tubuh Esai

Memasuki bagian ini, tiap paragraf harus memiliki satu pokok pikiran utama berdasarkan argumen yang ditulis. Tak lupa, dari pokok pikiran tersebut, juga harus disertai penjelasannya. Sehingga, dalam pengembangan tulisan turut pula ditambahkan data, bukti akademik, studi kasus, kutipan jurnal ilmiah maupun buku akademik sejenisnya. Lantas, dari bukti tersebut masih diperlukan pendapat pribadi akan keabsahan data yang di dapat. Hal ini penting, agar pembaca tidak ragu akan kebenaran pokok ide dan permasalahan yang ditulis.

4. Kesimpulan


Diawal merancang kesimpulan esai, pastikan terlebih dahulu seluruh rangkaian ide pokok dapat terkoneksi dan terangkum dengan baik. Adapun struktur kesimpulan, menggunakan kerangka gambaran khusus ide pokok penulisan yang menginjak pada gambaran umumnya. Pemantaban kesimpulan ini harus disertai dengan rangkuman kata kunci dan ringkas argumen yang merupakan jawaban dari persoalan ide pokok pembahasan. Terakhir, isi dari kesimpulan ini dapat diisi dengan prediksi kedepan dari topik yang dibahas, rekomendasi serta solusi berdasarkan permasalahan topik pembahasan.

Olah Data : Balitbang Majalah Suara Pendidikan

Sumber : Tirto.id.

Lebih baru Lebih lama