Ilustrasi Makanan yang Mengandung Protein. (Ist)


NASIONAL -
Beberapa orang kerap mengalami masalah sakit punggung. Selain mengatasinya dari luar, sakit punggung juga bisa diatasi dengan konsumsi 5 makanan ini. Akhir-akhir ini, sakit punggung menjadi masalah yang sering dialami banyak orang. Mereka umumnya merasakan nyeri di bagian punggung bawah. Rasa nyeri ini bisa terjadi karena beberapa alasan.

Sakit punggung pun bisa terjadi akibat kekurangan protein dalam tubuh. Oleh karena itu, kamu perlu memasukkan makanan kaya protein ke dalam menu makan harian.

Penyebab paling umum ketika otot maupun ligamen robek atau tertarik. Bisa dalam bentuk keseleo atau karena tegang. Posisi duduk yang salah juga bisa menyebabkan masalah nyeri punggung bawah. Masalah ini bisa diatasi dengan melakukan olahraga secara rutin. Rutin olahraga bukan hanya mengurangi nyeri, tetapi sekaligus mengencangkan otot.

Baca Juga: Tidur Siang Idealnya Sekian Jam!

Namun, selain perbaikan dari luar, perbaikan dari dalam juga diperlukan.Terdapat beberapa jenis makanan yang dikenal mampu mengatasi masalah sakit punggung ini. Terutama makanan yang memiliki sifat anti inflamasi, nutrisi penting, dan antioksidan. Misalnya, beberapa jenis buah, sayuran dan makanan dengan sumber omega 3.



Mengonsumsi makanan seperti itu bisa menunjang kesehatan secara keseluruhan hingga mengatasi masalah nyeri punggung. Merangkum Times of India, berikut 5 jenis makanannya.

Makanan Mengandung Asam Omega 3
Makanan yang mengandung asam omega 3 dikenal dapat mengatasi masalah sakit punggung. Omega 3 mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta mengurangi nyeri sendi. Jenis makanan mengandung omega 3 yang bisa dikonsumsi, seperti makanan laut (ikan salmon, tuna, belut), kacang-kacangan seperti kedelai, edamame, tahu, dan tempe, sayuran hijau (brokoli, bayam, kale), hingga telur. Namun, perlu diingat, makanan ini sebaiknya diolah dengan cara yang benar untuk mendapat manfaat yang maksimal.

Makanan Anti Inflamasi
Makanan anti inflamasi bisa mengatasi masalah sakit punggung karena mampu mengurangi peradangan sendi. Makanan itu, termasuk jenis rempah-rempahan di dapur, seperti kunyit hingga jahe. Kunyit mengandung kurkumin yang dapat bekerja untuk mengurangi nyeri sendi. Sedangkan, jahe dan bawang putih juga memiliki sifat anti inflamasi yang dapat membantu mengurangi radang sendi atau nyeri sendi.

Makanan Kaya Protein
Sakit punggung pun bisa terjadi akibat kekurangan protein dalam tubuh. Oleh karena itu, kamu perlu memasukkan makanan kaya protein ke dalam menu makan harian. Makanan kaya protein mengandung asam amino yang dapat membentuk otot dan jaringan tubuh. Asupan protein juga bermanfaat untuk memperbaiki kerusakan sel yang menyebabkan nyeri, lapor klikdokter.com. Konsumsi makanan tinggi protein seperti telur, susu, dan kacang-kacangan dapat memperkuat otot dan mengatasi masalah sakit punggung.

Harvard School of Public Health merekomendasikan agar wanita setidaknya mengonsumsi 56 gram protein dan pria setidaknya konsumsi 46 gram protein, Pilihan protein yang bisa dikonsumsi, mulai dari daging ayam, daging sapi, dan telur.

Sayuran Hijau
Sayuran hijau punya banyak manfaat baik bagi tubuh, termasuk membantu mengatasi masalah sakit punggung. Sayuran hijau, seperti brokoli, kembang kol, kubis, hingga bayam kaya akan vitamin A, vitamin C, dan vitamin K yang dapat mengatasi masalah inflamasi.

Sayuran hijau juga mengandung sulforaphane untuk menghambat enzim yang menyebabkan nyeri sendi dan peradangan. Kamu juga bisa mengonsumsi sayur-sayuran, seperti wortel, buah bit, dan labu. Sayuran ini mengandung antioksidan yang dapat mengurangi nyeri di punggung.

Beberapa Jenis Buah
Buah-buahan, seperti pisang dan alpukat bagus untuk mengatasi sakit punggung. Kedua buah ini mengandung potasium yang memiliki fungsi anti inflamasi dan dapat meningkatkan fungsi saraf tubuh, lapor gooddoctor.com. Kandungan potasium itu bisa mengurangi pembengkakan dan menjadi elektrolit penting untuk fungsi otot dan saraf.

Selain pisang dan alpukat, buah anggur merah juga bisa dikonsumsi. Buah ini kaya kandungan resveratrol yang dapat menghambat degenerasi jaringan. Menurut penelitian yang diungkap Good Doctor, senyawa resveratrol bermanfaat untuk melindungi tulang rawan dari kerusakan yang menyebabkan nyeri punggung.

Sumber/Rewrite: detik.com/Tiyas Aprilia

Lebih baru Lebih lama