Rico Aditya Irfano (berjaket hijau) saat menerima piagam penghargaan. (ist)


GUDO – Awal bulan Agustus menjadi momen kebanggaan bagi segenap warga SDN Pesanggarahan Gudo. Pasalnya, dari hasil final kompetisi Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat Provinsi Jawa Timur yang terselenggara di Lapangan Atletik Koni Jawa Timur pada (2/8), salah satu peserta didik Kelas VI SDN Pesanggrahan Gudo yakni Rico Aditya Irfano berhasil meraih Juara III untuk cabang Kids Atletik.

Tipikal bertanding Rico memang ulet dan keras. Maka karakter yang telah terbangun dari proses laga awal hingga ke final O2SN akan digembleng lagi untuk persiapan Pekan Olahraga (POR) pelajar bulan September mendatang.

Plt Kepala SDN Pesanggrahan Gudo, Andik Sam Sanjaya, S.Pd. menjabarkan, rengkuhan prestasi teranyar ini tak lepas dari kerja keras seluruh elemen pendukung mulai dari pelatih, guru, dan orang tua Rico Aditya Irfano. Pasalnya, sedari duduk bangku kelas IV-Vdua tingkatan O2SN di level kecamatan hingga kabupaten telah menjadi bekal peserta didik berpawakan atletis ini.

Baca Juga: Pembangunan dan Rehabilitasi Fasilitas Satuan Pendidikan Diejawantahkan Penuh Ketertiban

“Merunut jejak kompetisi yang telah dilalui Rico Aditya Irfano tersebut, optimisme tumbuh seiring pencapaiannya di daerah. Sehingga setelah dinyatakan lolos untuk mewakili Kabupaten Jombang, latihan bersama pembina kami giatkan secara intensif demi menargetkan juara di tingkat provinsi,” ujar Andik Sam Sanjaya.

Selang tiga tahun proses tersebut, kini Rico Aditya Irfano mengaku cukup puas. Sebab, dari kerja kerasnya bersama pelatih telah menorehkan hasil maksimal. Berhasil membawa nama harum SDN Pesanggrahan hingga di Provinsi Jawa Timur.



“Motivasi pelatih memang cukup besar untuk membangun kepercayaan diri saya ketika hendak bertanding. Oleh karenanya, lewat tempaan fisik dan karakter inilah, saya terpacu untuk dapat juara,” tutur Rico Aditya Irfano.

Dibenarkan oleh sang Pelatih, Ari Fauzi, S.Pd. bahwa tipikal bertanding Rico memang ulet dan keras. Maka karakter yang telah terbangun dari proses laga awal hingga ke final O2SN akan digembleng lagi untuk persiapan Pekan Olahraga (POR) pelajar bulan September mendatang.


Keceriaan para guru dan pelatih sesudah bersama Rico Aditya Irfano. (ist)

Ari Fauzi membeberkan, “Memulai pematangan untuk POR kedepan, menjaga kondisi fisik akan kami seleraskan dengan porsi latihannya. Keduanya menjadi menu yang kami sajikan kepada Rico Aditya Irfano, supaya pengalaman di O2SN dapat dijadikan pemetaan kekuatan lawan dan rintangan dalam POR nantinya. Tak terkecuali target juara juga menjadi fokus utamanya, agar sosok Rico Aditya Irfano menjadi motivasi meraih prestasi bagi peserta didik maupun satuan pendidikan lainnya,” tandas Ari Fauzi.

Reporter/Foto: Donny Darmawan/Istimewa

Lebih baru Lebih lama