Ilustrasi orangtua mengajari anaknya. (Ist)


NASIONAL - Menjadi orangtua tentunya harus memahami tips parenting yang baik bagi anak menurut versi masing-masing. Apalagi jika anak yang diasuh adalah anak-anak generasi Alpha. Generasi Alpha adalah individu yang lahir pada 2012-2025. Diperkirakan generasi Alpha tidak jauh berbeda dengan generasi Z yang sama-sama melek teknologi.

Baca Juga: SMP Negeri 2 Megaluh Karawitan Kembangkan Kemampuan Berpikir Otak Kanan

Dilansir dari laman D-PREP International School, tidak ada pendekatan yang cocok dalam membesarkan anak. Tetapi ada beberapa strategi umum yang efektif untuk membesarkan anak-anak, khususnya generasi Alpha, yang hidup dengan kemajuan teknologi. Apa saja?

Komunikasi Terbuka
Mendorong anak untuk berbicara secara terbuka mengenai apa yang ia pikirkan dan rasakan sangatlah penting. Tindakan ini akan membantu mereka merasa didengarkan dan dimengerti serta membangun kepercayaan dan penghormatan bersama. Tindakan sepele seperti bertanya kepada anak mengenai perasaannya dan memberikan tanggapan dengan tenang memiliki dampak besar terhadap peningkatan kesejahteraan mental.



Tumbuhkan Kemandirian
Beri anak-anak pelajaran tentang bagaimana menjadi mandiri dengan mengajarkan mereka keterampilan untuk mengambil tanggung jawab dan mengambil keputusan sendiri. Salah satu caranya adalah dengan memberikan anak-anak kebebasan untuk mengeksplorasi dan membuat pilihan dalam lingkungan yang teratur.

Tuntun dalam Pendidikan Teknologi
Generasi alpha adalah tuan rumah di era digitalisasi sehingga tentunya teknologi ini memainkan peran penting. Karena itu, penting pula untuk memberikan edukasi kepada mereka tentang cara aman dan tepat dalam menggunakan teknologi dan media.

Kesadaran Budaya dan Pengalaman Sosial
Ajak anak-anak untuk belajar tentang beragam budaya, pandangan, dan isu-isu sosial. Hal ini akan membentuk anak menjadi individu yang penuh empati dan pemahaman.

Sumber/Rewrite: tempo.co/Tiyas Aprilia

Lebih baru Lebih lama