Ilustrasi anak bermain bersama. (Ist)


NASIONAL - Mengajarkan hal-hal baik pada anak perlu dilakukan sejak dini. Hal ini karena pola asuh yang diterapkan sejak mereka balita bisa berdampak pada tumbuh kembangnya, termasuk pembelajaran seputar keberagaman atau inklusivitas.

Indonesia adalah negara kepulauan yang terdiri dari berbagai macam suku, budaya, latar belakang, hingga bentuk tubuh. Itulah mengapa keberagaman dan perbedaan pasti akan anak temukan seiring dengan tumbuh dewasanya mereka.

Dalam siniar Dongeng Pilihan Orangtua episode Cerita Belajar Menghargai Perbedaan, dikisahkan Yaya adalah kucing dengan mata yang berbeda. Hal tersebut membuatnya sering diejek oleh teman-temannya.

Kenapa Keberagaman dan Inklusivitas Penting?
Keberagaman adalah perbedaan yang dimiliki setiap manusia, mulai dari ras, etnis, hingga asal kebangsaan. Sementara itu, inklusivitas adalah keterlibatan atau pengakuan terhadap perbedaan yang dimiliki setiap orang.

Baca Juga: PPDB Tapel 20223/2024 Terdapat Perbedaan dari Tahun Sebelumnya

Memberikan anak terhadap dua pemahaman ini dapat meningkatkan dan memupuk rasa saling toleran serta memahami perbedaan yang ada. Anak pun jadi memiliki rasa keingintahuan yang tinggi, percaya diri, dan saling membantu.



Tak hanya itu, dua hal ini juga membantu anak belajar berempati dengan orang-orang yang berbeda dari mereka karena adanya perbedaan sudut pandang. Salah satu cara terbaik untuk mengajarkan kepada anak tentang keberagaman dan inklusivitas, yaitu melalui praktik langsung oleh orangtua. Misalnya, mengenalkan lewat cerita-cerita fiksi atau memberikan pemahaman terhadap lingkungan sekitarnya.

Mengajarkan Anak Keberagaman dan Inklusivitas
Dilansir Children’s Mercy, ada beberapa hal yang bisa orangtua lakukan untuk mengajarkan keberagaman dan inklusivitas pada anak. Meskipun tak mudah, akan tetapi prosesnya patut untuk dicoba. Berikut beberapa carannya.

Kenalkan dan Akui Adanya Perbedaan
Saat anak memperhatikan ada orang lain yang berbeda darinya, orangtua harus memberikan penjelasan yang jujur. Misalnya, jelaskan mengapa temannya menggunakan kursi roda atau mempunyai kulit yang cenderung hitam. Jelaskan hal itu dengan menekankan aspek-aspek positif dari perbedaan dan jujurlah mengenai perlakuan buruk yang kerap dialami seseorang karena perbedaan yang mereka miliki. Setelah itu, berikan penjelasan pula bagaimana caranya agar anak dapat membantu dan merangkul teman-teman yang memiliki perbedaan tersebut.

Dengarkan Pendapat Anak Tanpa Menghakimi
Keingintahuan anak adalah harta yang paling berharga. Saat melihat sesuatu yang berbeda, anak akan terus bertanya kepada orangtuanya. Di sinilah, orangtua memiliki peranan penting dalam mengajarkan dan memberikan penjelasan yang tepat soal keberagaman dan inklusivitas. Doronglah anak untuk terus bertanya tanpa menghakimi pertanyaannya. Karena pada saat ini, tak hanya anak yang sedang belajar, melainkan juga para orangtua. Hal ini disebabkan adanya ruang diskusi yang asertif.

Ambil Tindakan Bersama
Anak-anak dan orangtua bisa berdiskusi dan bertanya bagaimana keadaan teman-temannya yang memiliki perbedaan? Apakah mereka pernah dirundung? Dengan pertanyaan itu, orangtua bisa mengidentifikasi bagaimana lingkungan sekitar anak. Jika mereka mengalami diskriminasi, orangtua bisa berdiskusi dengan anak hal apa yang bisa ia lakukan agar bisa membantu temannya. Misalnya, lapor kepada guru atau menolong mereka.

Sumber/Rewrite: kompas.com/Tiyas Aprilia

Lebih baru Lebih lama