Piagam penghargaan yang diterima dari Wakil Bupati Jombang saat upacara Hari Pendidikan Nasional. (ist)


JOMBANG – Peringatan Hari Pendidikan Nasional pada tahun ini menjadi istimewa bagi segenap civitas akademika pemenang penghargaan PTK Berprestasi Kabupaten Jombang tahun 2023. Salah satunya adalah Bintarti Kartiningsih S.Pd. yang didapuk sebagai Juara I Kategori Kepala TK Berprestasi.

Harus fokus pada pengalaman pembelajaran berdiferensiasi yang berhasil diterapkan di satuan pendidikan.

Ditemui disela kesibukannya, Kepala TK Pertiwi Jombang, Bintarti Kartiningsih, S.Pd. menyampaikan bahwa sebenarnya tak menyangka terpilih sebagai juara pertama. Sebab, persiapan yang terbilang mepet hanya dilakukan satu minggu saja membuatnya harus ekstra menata jadwal antara membuat naskah, video hingga tetap profesional tak mengesampingkan tugas sebagai kepala TK. Terlebih pada minggu tersebut juga terdapat agenda karnaval, beruntungnya perihal pengambilan video dibantu oleh rekan sejawat guru di TK Pertiwi Jombang.

Baca Juga: Inilah Makna di Balik Pilihan Warna Tutup Botol

Kendati demikian, hal tersebut tak menjadi batu sandungannya dalam tetap fokus menaati aturan dalam seleksi. Hingga lolos sebagai perwakilan dari Wilayah Kerja Pendidikan Kecamatan Jombang dan mendapat pembinaan dari Pengawas TK Wilkerdik Kecamatan Jombang, Dra. Enggar Imawati, sebelum berlenggang ke babak penyisihan 10 besar Kabupaten Jombang.



Bintarti Kartiningsih mengatakan bahwa sistem penilaian tak hanya presentasi saja, melainkan juga sesi wawancara dengan juri yang merupakan pemenang ajang serupa tahun sebelumnya. Salah satu rahasianya dalam melaksanakan presentasi dan sesi wawancara tersebut ialah sistematis dalam menjelaskan konsep naskah dan serta teguh mempertahankan ide tersebut, ditambah sinkron dengan tema Pembelajaran Berdiferensiasi.


Bintarti Kartiningsih S.Pd. (Rabitha)

“Judul naskah saya ialah Learning Community untuk Meningkatkan Pembelajaran Berdiferensiasi. Judul tersebut dapat dikatakan sederhana, namun apabila telah paham secara mendalam dengan konsepnya maka ketika melakukan presentasi dan wawancara akan lebih lancar. Hal tersebut juga didukung dengan kebiasaan membaca yang telah dilakukan sejak masih duduk di bangku sekolah,” ujar perempuan yang telah 23 Tahun menjadi guru itu.

Bintarti Kartiningsih saat membersamai anak didiknya belajar. (Rabitha)

Bintarti Kartiningsih yang akrab disapa Bu Bin itu menandaskan bahwa harus fokus pada pengalaman pembelajaran berdiferensiasi yang berhasil diterapkan di satuan pendidikan. Tak lupa juga menambah pengetahuan pada Platform Merdeka Mengajar baik pada teks maupun penjelasan yang ada di media Youtube. Sebab, diketahui bahwa pembelajaran berdiferensiasi telah dilakukan sejak dahulu di TK Pertiwi Jombang dan dilakukan secara profesional dengan berkolaborasi dengan psikologi dalam menentukan karakter belajar setiap anak didik di kelas. Sehingga dibentuklah kelompok belajar (Learning Community) yang sesuai dengan karakter belajarnya.

Reporter/Foto: Rabitha Maha/Istimewa

Profil Bintarti Kartiningsih

Tanggal Lahir : Jombang, 21 April 1969

Hobi : Membaca Buku

Pendidikan terakhir : S1 Pertanian UMM dan Pendidikan Guru PAUD UT.

Organisasi : Ketua KKKTK Kecamatan Jombang dan Sekretaris PKG Kabupaten Jombang.

Prestasi:

a. Juara I Guru Berprestasi Kabupaten Jombang dan 4 Besar Provinsi Jawa

Timur Tahun 2006.

b. Juara I Guru Berprestasi Kabupaten Jombang Tahun 2017.

c. Kepala TK Berprestasi Kabupaten Jombang Tahun 2023.

Lebih baru Lebih lama