Keseruan guru berdandan ala Cak Besut. (Rabitha)


SUMOBITO – Hari Ulang Tahun (HUT) satuan pendidikan menjadi salah satu momen yang penuh makna dalam perjalanan pendidikan. Setiap tahun, satuan pendidikan memperingati tanggal berdirinya dengan menyelenggarakan acara menarik untuk mengenang dan merayakan prestasi serta kontribusi yang telah dicapai. Seperti yang tengah dilakukan SMP Negeri 1 Sumobito pada 16 s.d 20 Oktober.

Baca Juga: Lomba Kreasi Nadhom Aqidatul Awam 2023 Buah Kreativitas KKPPD Kecamatan Jombang

Kepala SMP Negeri 1 Sumobito, Sugeng Hariyanto, S.Pd., M.Pd. menyampaikan bahwa agenda perayaan HUT satuan pendidikan ini memang menjadi agenda rutin di satuan pendidikan. Kendati demikian sempat vakum lantaran adanya Pandemi Covid 19 lalu.

Sugeng Hariyono yang juga turut berkarnaval. (Rabitha)

“Sehingga patut disyukuri pada tahun ini mulai dapat menyelenggarakan lagi, dan tentunya dengan konsep baru yang lebih meriah dengan beberapa rangkaian agenda yang bertujuan meningkatkan kreatifitas peserta didik. Diantaranya adalah Kompetisi Karnaval, Senam Kreasi P5, Menyanyi Solo, Sudut Baca, serta Kebersihan Kelas,” ujar pria yang akrab disapa Aa Ugeng itu.

Terdapat unsur budaya barongan yang dibawakan peserta didik. (Rabitha)

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang, Senen, S.Sos., M.Si. yang juga turut menyempatkan hadir menyampaikan bahwa pada agenda perayaan ini sangat tercermin rasa kekompakan dan kebersamaan, baik antar peserta didik maupun dengan guru. Selanjutnya juga sebagai wujud rasa cinta dan bangga terhadap satuan pendidikan. Namun, tak kalah pentingnya juga agenda ini juga harus dijadikan momen untuk merefleksikan diri, menelaah program yang tercapai atau belum maksimal.

Peserta didik dan guru berkarnaval keliling desa. (Rabitha)

Selain peserta, kepala satuan pendidikan dan para guru juga antusias untuk berkarnaval berkeliling dengan mamakai pakaian adat tradisional, hal ini juga menunjukkan bahwa meskipun menempuh jarak yang cukup jauh dan ditengah terik matahari para guru memiliki stamina yang kuat. Sehingga agenda ini patut untuk diapresiasi dan diharapkan pada tahun depan dapat terlaksana kembali dengan lebih baik lagi.

Senen saat memberikan sambutan. (Rabitha)

Reporter/Foto: Rabitha Maha

Lebih baru Lebih lama