Penampilan salah satu peserta. (Donny)


JOMBANG –
Hari Santri Nasional (HSN) yang diperingati saban 22 Oktober, sudah nampak di depan mata. Tak ayal, pelbagai pihak turut melakukan persiapan untuk menyambut kemeriahannya. Bagi Kelompok Kerja Pembimbing Pendidikan Diniyah (KKPPD) Kecamatan Jombang, kesiapan peringatan HSN kali ini menjadi momen yang berharga.

Sebab, KKPPD Kecamatan Jombang telah sukses melakukan sebuah inovasi dalam pengembangan Pendidikan Diniyah di Kota Seribu Pesantren, dengan menggelar Lomba Kreasi Nadhoman Aqidatul Awam 2023 yang digelar di SDN Kepatihan Jombang pada (19/10) kemarin. Diikuti oleh seluruh SD se Kecamatan Jombang, total peserta lomba sebanyak 586 peserta didik, dan terbagi dalam 46 grup.

Baca Juga: Fitri Ramanadiya Si Jago Gambar SDN Badang III Ngoro

Ketua KKPPD Kecamatan Jombang, Mokh. Syamsul Maarif, menjabarkan, “Jumlah peserta ini diluar ekspetasi kami. Sebelumnya kami menargetkan dikisaran 30% peserta yang akan mengikuti lomba ini. Namun saat mendekati hari pelaksanaan lomba, pendaftar membludak. Penuh syukur, dari antusias yang tinggi ini menjadi tanda bahwa kreasi dari KKPPD Kecamatan Jombang mendapat apresiasi banyak pihak. Oleh karenanya, secara konsep dan landasan idenya, Lomba Kreasi Nadhoman Aqidatul Awam ini memiliki beberapa tujuan. Diantaranya, menghidupkan Pendidikan Diniyah dari sisi seni khas pesantren, sekaligus memahamkan ke peserta didik bahwa metode belajar agama juga dapat dikemas secara kreatif dan menarik.”



Berlangsung sedari pagi hingga siang hari, Lomba Kreasi Nadhoman Aqidatul Awam 2023 se Kecamatan Jombang, turut menyaring kategori Juara dan Harapan I-III. Penyaringan para jawara ini sepenuhnya dilakukan oleh dewan juri yang diambilkan dari Pondok Pesantren Tebuireng, Denanyar, Rejoso, dan Tambak Beras.


Prosesi penilaian di salah satu meja penjurian. (Donny)

“Kriteria juara harus memenuhi hasil maksimal dari keserasian musik, adab syair, serta vokal. Sehingga dari ketentuan ini, diharapkan mampu menginspirasi KKPPD lainnya untuk dapat mengemas penanaman Pendidikan Diniyah secara aktual nan kreatif,” tandas Mokh. Syamsul Maarif yang juga mengampu Pendidikan Diniyah di SDN Banjardowo IV Jombang ini.

Reporter/Foto: Donny Darmawan

Daftar Pemenang Lomba Kreasi Nadhoman Aqidatul Awam

No

Satuan Pendidikan

Grup

Juara

1

SDN Jombatan III

Bhetari Sittah

I

2

SDN Denanyar I

Nurul Qolbi

II

3

SDI Al-Madinah

Bintang 9 Al- Madinah

III

4

SD Plus Darul Ulum

Al-Musthofa

Harapan I

5

SDN Kepanjen II

An-Nuriyyah

Harapan II

6

SDN Jelakombo

Sumber Berkah

Harapan III


Lebih baru Lebih lama