Ilustrasi minum minuman manis. (Ist)


NASIONAL - Berbagai minuman manis seperti es teh, es kopi susu, minuman bersoda, dan sirup, mungkin terkesan menggiurkan di tengah cuaca yang panas. Di satu sisi, minuman manis memang dapat melepas dahaga saat cuaca panas apalagi setelah melakukan aktivitas fisik. Meski demikian, konsumsi minuman manis saat cuaca panas sebaiknya Kamu batasi. Simak penjelasan berikut untuk mengetahui alasan mengurangi minuman manis saat cuaca panas.

Mengapa perlu mengurangi konsumsi minuman manis saat cuaca panas?

Ahli Gizi Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Fitri Hudayani menganjurkan untuk menghindari minuman yang bisa meningkatkan energi, seperti minuman manis atau tinggi gula, susu, dan krim.

Baca Juga: SDN Jombatan III Jombang Raih Gelar Penyaji Terbaik di Asean Panji Festival 2023

Menurut Fitri Hudayani, air yang terkandung pada minuman tersebut tidak menimbulkan dapat negatif terhadap tubuh. Namun, kandungan di dalam minuman manis berisiko meningkatkan kadar gula darah dan lemak. Dikhawatirkan bila dikonsumsi secara berlebihan, asupan kalori akan bertambah.

Dengan begitu, efek minuman manis yang paling cepat Anda rasakan yaitu memicu obesitas atau kondisi ketika berat badan seseorang melebihi standar normalnya. “Airnya tidak ada dampak negatif ya, justru itu akan membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh khususnya pada cuaca yang panas. Tapi isi di dalamnya itu, yang akan meningkatkan risiko kelebihan asupan gula dan lemak.



Fitri Hudayani mengatakan jika seseorang ingin menambah cairan tubuh, sebaiknya cukup dengan minum air putih minimal sebanyak 2 liter per hari. Sebaiknya air putih, bukan minuman yang mengandung energi untuk menghindari kelebihan asupan energi.

Selain menghindari atau mengurangi minuman manis dan mengandung energi, Anda juga dianjurkan untuk memenuhi asupan gizi selama beraktivitas agar tetap bugar. Fitri juga menyarankan untuk mengonsumsi buah-buahan saat cuaca panas. Kandungan dalam buah bisa melengkapi kebutuhan cairan tubuh, memberi asupan vitamin, dan mineral.

Setelah menyimak penjelasan ahli gizi tentang alasan mengurangi minuman manis saat cuaca panas, Anda sebaiknya tidak lagi tergiur meminum cairan tersebut. Demi memenuhi kebutuhan cairan yang meningkat pada cuaca yang panas, Anda bisa minum air putih, makan buah, dan masakan berkuah.

Sumber/Rewrite: kompas.com/Tiyas Aprilia

Lebih baru Lebih lama