Salah satu perwujudan tradisi literasi dengan konsep pembelajaran di SMP Ibnu Sina. (Donny)


JOMBANG –
Sebuah tanggung jawab pembelajaran tak hanya terbatas pada proses. Melainkan juga hasilnya. Melalui hasil pembelajaran, tentu banyak dimensi kompetensi yang telah dilalui dan dituntaskan oleh guru maupun peserta didik.

Sejalan dengan hasil refleksi pembelajaran tiap pekannya, literasi di SMP Ibnu Sina Jombang memang perlu ditingkatkan dengan metode sinergi dengan media yang kredibel dan kompeten di dunia pendidikan.

Guna menempuh capaian tersebut, SMP Ibnu Sina Jombang membidik pengembangan bidang literasi sebagai katalisator peningkatan kapabilitas guru dan peserta didik di era Kurikulum Merdeka ini. Kepala SMP Ibnu Sina Jombang, Tsulma Diana Elia, M.Pd. mengakui, berdasarkan rapor pendidikan tahun 2022-2023 yang di satuan pendidikannya, kecakapan literasi menunjukkan peningkatan sebesar 49,99%.

Baca Juga: Hidup Sehat Tanpa Bullying

“Merunut hasil tersebut, maka tanggungjawab untuk menghasilkan sesuatu dari dunia literasi menjadi suatu keharusan yang tak terelakkan. Maka, nantinya di Bulan November, SMP Ibnu Sina Jombang turut menggandeng Majalah Suara Pendidikan untuk mengadakan pembinaan literasi bagi peserta didik dan guru,” ujar Tsulma Diana Elia.



Tujuan dari workshop nantinya, meliputi beberapa aspek. Selain menambah referensi pengetahuan baru seputar mengolah dan membuat produk literasi mulai dari esai, informasi berita dan tulisan menarik lainnya, salah satunya juga mendorong guru dan peserta didik untuk memiliki gagasan dan ide kreatif dalam berliterasi. Baik dalam mengemas, maupun mengimplementasikan pembelajaran.

Tsulma Diana Elia menambahkan, “Oleh karenanya, sejalan dengan hasil refleksi pembelajaran tiap pekannya, literasi di SMP Ibnu Sina Jombang memang perlu ditingkatkan dengan metode sinergi dengan media yang kredibel dan kompeten di dunia pendidikan. Sehingga, nantinya hasil karya literasi dari peserta didik maupun guru, mampu terpublikasi secara luas di rubrik Majalah Suara Pendidikan,”


Beberapa peserta didik membaca Majalah Suara Pendidikan. (Donny)

Sementara itu, salah satu Repoter Majalah Suara Pendidikan, Donny Darmawan, menjabarkan, pada prinsipnya, dapur redaksi juga menjadi ruang yang dapat dimanfaatkan satuan pendidikan untuk mengembangkan dunia literasi satuan pendidikan. Mulai dari bentuk dunia jurnalistik maupun pengembangan literasi sejenisnya.

Reporter/Foto: Donny Darmawan

Lebih baru Lebih lama