Infografis Kolaborasi AI dalam Pembelajaran. (Dok.MSP)


Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan sebagai wujud perkembangan teknologi digital saat ini, cukup banyak memberikan dampak perubahan di aspek kehidupan. Tak terkecuali di dunia pendidikan. Pelbagai konten AI dapat membantu pengembangan media pembelajaran yang relevan serta efisien.

Mentor Visual
Fitur ini merujuk pada konten pembelajaran dalam bentuk program audio visual. Kedudukan Mentor Visual sendiri bertindak sebagai asisten belajar peserta didik dalam membantu memahamkan materi pembelajaran dan keterampilan melalui gambar, grafik, animasi, dan video.

Mekanisme kerja Mentor Visual ini sendiri mengacu pada algoritma pembelajaran mesin serta analisis data untuk menyiapkan materi maupun gaya belajar yang setingkat dengan pemahaman peserta didik. Semisal peserta didik kesulitan memahami soal IPA, maka Mentor Visual akan menunjukkan grafik dan diagram berdasarkan respon peserta didik terhadap materi yang ada.

Voice Assistant
Prinsip dasar bekerjanya Voice Asisstant ialah menyerap sumber tekstual menjadi bentuk audio. Sehingga dalam pembelajaran, media ini membantu menjawab pertanyaan, memberikan penjelasan, maupun informasi di materi pembelajaran secara verbal.

Presentation Translator
Mekanisme salah satu jenis AI ini ialah memanfaatkan pemrosesan serta teknik pemodelan bahasa untuk menerjemahkan ucapan pembicara secara otomatis. Manfaatnya beragam. Mulai dari pemahaman komunikasi antara pembicara dan audiens yang menggunakan bahasa berbeda. Selain itu, Presentation Translator dapat meminimalisir hambatan serta mengefektifkan komunikasi antara guru dan peserta didik saat presentasi berlangsung.

ChatGPT
Generative Pre-Training Transformer atau ChatGPT merupakan salah satu wujud AI yang berfungsi untuk melakukan interaksi dalam bentuk percakapan teks. Cara penggunannya, harus diawali dengan menginput pertanyaan terlebih dahulu, lantas sistem ChatGPT akan memberikan jawabannya.

Dalam pembelajaran ChatGPT sendiri cukup membantu untuk membuat kerangka esai, penulisan ilmiah, maupun materi ajar. Kendati dapat memberikan informasi tekstual secara cepat, keabsahan dari ChatGPT masih memerlukan verifikasi sumber supaya data yang hendak dipaparkan telah tervalidasi. Sehingga kegunaan ChatGPT sendiri bukan sebagai sumber informasi utama, melainkan sebatas rujukan penyusunan kerangka ataupun ide dasar kepenulisan.

Olah Data: Balitbang Majalah Suara Pendidikan

Sumber Data: akupintar.id

Lebih baru Lebih lama