Nur Betty. (Rabitha)


DIWEK – Menyandang jabatan Koordinator Wilayah Kerja Pendidikan (Korwilkerdik) Kecamatan Diwek tentu memiliki tanggungjawab yang besar dengan segudang jadwal kegiatan yang padat. Namun hal tersebut tak membuat Nur Betty, S.Pd.,M.M.Pd hanya terpaku pada tugas pokok sebagai Korwilkerdik dan Pengawas SD saja, melainkan terus aktif mengembangkan potensi diri dengan berorganisasi.

Kesuksesan Perlu diperjuangkan dan tidak ada perjuangan yang sia-sia karena semua pasti diperhitungkan oleh Allah SWT - Nur Betty, S.Pd.,M.M.Pd.

Tak sampai disitu saja, perempuan yang akrab disapa Bu Betty ini juga menorehkan prestasi yang membanggakan dengan menyabet Juara I Pengawas SD Berprestasi Kabupaten Jombang Tahun 2023. Tentu hal tersebut penuh dengan tantangan lantaran harus membagi waktu antara tugas pokok di Korwilkerdik, organisasi dan mempersiakan lomba.

Baca Juga: Mengapa Kita Merasa Nyaman Mencium Bau Tanah Saat Hujan?

Ditemui disela kegiatannya, Nur Betty, S.Pd.,M.M.Pd mengisahkan bahwa sebenarnya tak menyangka mampu menjuarai ajang Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) berprestasi tersebut. Namun keberhasilannya membina satuan pendidikan yakni SDN Pandanwangi Diwek dalam ranah Adiwiyata, Platform Merdeka Mengajar hingga pembelajaran berdiferensiasi membuatnya termotivasi untuk berlomba pada ajang rutin saban tahun itu.



Nur Betty mengakui, “Terlebih pada tahun ini proses penilaian PTK berprestasi mengalami perubahan juknis yang mengharuskan membuat naskah, video hingga penilaian wawancara. Tentu hal tersebut membutuhkan persiapan yang dijalankannya hanya sekitar dua bulan. Gayung pun seakan bersambut, civitas akademika SDN Pandanwangi Diwek sangat mendukung persiapan lomba hingga mampu memotivasi kepala satuan pendidikan hingga guru untuk turut serta berpartisipasi pada lomba juga.”

Perihal judul yang diajukan yakni, Efektifitas IHT dalam Meningkatkan Pembelajaran Berdeferensiasi, imbuh Nur Betty. Meskipun ini bukan kali pertamanya mengikuti lomba serupa, namun tentu harus dipersiapkan secara matang. Kendalanya hanya sebatas membagi waktu dalam menulis naskah saja, lantaran kesibukannya sebagai Korwilker tentu mengharuskan menghadiri undangan di pelbagai acara, melakukan pembinaan sebagai pengawas satuan pendidikan hingga aktif pada organisasi seperti Pramuka dan PGRI Kabupaten Jombang.

Nur Betty. (Rabitha)

“Kendati demikian, hal tersebut bukan menjadi halangan yang berarti lantaran telah terbiasa menulis segala hal di buku catatan atau sekadar di lembaran kertas ketika ada waktu senggang. Nantinya secarik catatan kecil tersebut baru diperdalam ketika malam selepas menuntaskan aktifitas baik di kantor maupun pekerjaan rumah,” Ujar perempuan yang memiliki hobi bermain tenis meja dan memasak ini.

Hal tersebut juga tentunya tak lepas dari dukungan semua pihak, pungkas Nur Betty. Baik rekan sejawat pengawas, kepala satuan pendidikan, staf Korwilerdik dan seluruh tenaga pendidik Kecamatan Diwek sebagai mitra. Tak lupa keluarga tercinta baik itu suami, anak hingga cucu yang selalu memberikan motivasi untuk terus berkarya dan selalu menjadi pribadi yang bersahaja dan penuh motivasi positif.

Reporter/Foto: Rabitha Maha

Riwayat Pendidikan:


A. SDN Nusantara Jombang

B. SMPN 2 Jombang

C. SPGN Jombang

D. D3 dan S1 STKIP PGRI Jombang

E. S2 Universitas Teknologi Surabaya

Prestasi dan Jabatan:


A. Dewan Kehormatan PGRI Kabupaten Jombang

B. Bendahara II Pramuka Kwarcab Jombang

C. Bendahara Satria (Senam Pernapasan) Kormi Jombang

D. Instruktur USAID Jombang 2005

E. Juara III Pengawas SD Berprestasi Tahun 2021

F. Juara I Pengawas SD Berprestasi Tahun 2023
Lebih baru Lebih lama