Peserta didik tampil menembang. (Rabitha)


MEGALUH – SMP Negeri 1 Megaluh terus berupaya membekali setiap potensi yang dimiliki peserta didiknya. Salah satu yang terbaru yakni perihal minat dan bakat dalam seni tradisional serta membekali peserta didik dalam berbahasa yang santun. Upaya tersebut dapat terlihat saat perayaan Hari Sumpah Pemuda, Bulan Bahasa dan Hari Pahlawan sepanjang tahun 2023.

Peserta didik diharapkan mampu berbahasa Jawa yang santun, berbahasa Indonesia yang baik dan benar serta percaya diri dalam berbicara Basaha Inggris, seperti saat menjadi pembawa acara, pembelaaran di kelas atau saat berbincang dengan rekan dan guru.

Kepala SMP Negeri 1 Megaluh, Drs. Ahmad Su’ud menyampaikan bahwa rangkaian agenda yang berkenaan dengan bahasa dan melestarikan budaya lokal tercatat mulai dilakukan pada tahun 2023. Hal tersebut diejawantahkan melalui pelbagai program dan momentum, seperti Lomba Kegiatan Tengah Semester, seleksi lomba tingkat kabupaten, Hari Sumpah Pemuda, Festival Bulan Bahasa, dan Peringatan Sumpah Pemuda.

Baca Juga: Number Sense Yang Terpendam

“Melestarikan budaya dan bahasa bukan hanya acara seremonial dan perayaan semata, melainkan juga merupakan pemantik ingatan kita untuk tetap mengobarkan semangat dalam menjunjung bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan. Selanjutnya perihal seni tradisional memang tak dapat dipisahkan dari rangkaian pendidikan berbasis lokal yang ada pada Kurikulum Merdeka, faktor lainnya yakni dapat diakui bahwa terdapat beberapa peserta didik memiliki minat lebih pada kesenian tradisional, seperti karawitan, musik gamelan, mendalang, macapat dan menyanyi solo,” terang pria yang dulunya sempat mengajar Bahasa Arab itu.



Lebih lanjut dijelaskan oleh, Ketua Program Bulan Bahasa SMP Negeri 1 Megaluh, Kurniasih, S.Pd. bahwa program ini merupakan gagasan dari seluruh guru bahasa di satuan pendidikan, mulai dari guru Bahasa Indonesia, Jawa, dan Inggris. Program tersebut selain untuk mengenalkan dan membekali peserta didik dalam hal budaya dan bahasa juga untuk persiapan saat terdapat lomba Seni dan Bahasa di Tingkat Kabupaten.

Peserta didik dan guru membacakan Sumpah Pemuda dan menyanyikan lagu naisonal. (Rabitha)

Kurniasih yang juga sebagai Guru Bahasa Indonesia mengatakan bahwa peserta didik diharapkan mampu berbahasa Jawa yang santun, berbahasa Indonesia yang baik dan benar serta percaya diri dalam berbicara Basaha Inggris, seperti saat menjadi pembawa acara, pembelaaran di kelas atau saat berbincang dengan rekan dan guru. Program dan perlombaan yang digencarkan diantaranya yakni, Nembang dan pidato Bahasa Jawa, Baca Puisi, Story Telling, Introduction Speech Contest dan Lomba Mading Bulan Bahasa.

Hadiah untuk lomba seni dan bahasa. (ist)

Seluruh peserta didik menggunakan pakaian adat nusantara. (Rabitha)

Jajaran civitas akademika SMP Negeri 1 Megaluh. (Rabitha)

Daftar Pemenang Lomba Seni dan Bahasa

Jenis Lomba

Juara I

Juara II

Juara III

Nembang

Novan Pratama 8D

Meta Ellena Putri 8C

Listiya Ayu Amelia 7E

Pidato Bahasa Jawa

Nadia Putri Elok 7E

Dwi Okta Fiana 7C

Eggy Aditya Zulva 8C

Baca Puisi

Dwi Putri Sabrina 7B

Keyla Dyah A 7F

Friska Kusuma Andini 8F

Story Telling

Ainur Fadli 8A

Elvira Emiliana Rafli 8F

Cantika Sari 8C

Introduction Speech Contest

Keyla Dyah A 7F

Risal Abimanyu 7A

Nisrina Nafisah 7C

Mading Bulan Bahasa

Kelas 9E

Kelas 9A

Kelas 9D


Reporter/Foto: Rabitha Maha

Lebih baru Lebih lama