Ilustrasi permen karet menempel di baju. (Ist)


NASIONAL - Permen karet yang menempel di baju memang menjengkelkan. Tapi, Anda tak perlu khawatir, karena ada beberapa cara menghilangkan permen karet di baju yang mudah diterapkan.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan permen karet ketika benda ini menempel di baju. Meski permen karet itu lengket, namun Anda tak boleh menggunakan minyak zaitun, petroleum jelly atau bahkan selai kacang untuk menghilangkannya. Alih-alih bahan-bahan di atas, Anda bisa menggunakan bahan berikut ini.

Pakai Kantung Es

Cara menghilangkan permen karet di baju dengan menggunakan kantung es terbilang mudah. Mengutip HGTV, tempatkan kompres es di permen karet selama 10-20 menit. Setelah itu, gunakan pisau untuk mengangkat permen karet. Jika permen karet masih menempel, ulangi penggunaan es selama lima menit sebelum menariknya dengan pisau.

Baca Juga: Keberadaan Suatu Desa Tak Dapat Dilepaskan dari Menjaga Nilai Tradisi

Pakai Cairan Alkohol
Cairan alkohol adalah pilihan mudah untuk menghilangkan permen karet di baju. Caranya, oleskan bola kapas langsung ke permen karet, rendam semua sisinya. Dengan cara itu, permen karet akan terkelupas.

Pakai Permen Karet Lagi
Anda juga bisa membersihkannya dengan permen karet lainnya. Gunakan segumpal permen karet atau selotip untuk menariknya. Mengutip Better Homes & Gardens, Anda bisa mengoleskan permen karet langsung ke permen karet yang menempel untuk menghindari penambahan zat lengket ke area kain di sekitarnya. Setelah itu, Anda tinggal menarik perlahan permen karet dari kainnya.



Pakai Setrika
Setrika juga bisa digunakan untuk cara membersihkan permen karet yang menempel di baju. Caranya, setrika bagian belakang kain yang ditempeli permen karet. Tekan dengan kuat. Saat panas melelehkan permen karet, gumpalannya akan terlepas dari baju Anda.

Pakai Cuka
Tuangkan cuka ke wadah tahan panas. Masukkan wadah ke microwave untuk dipanaskan. Setelah itu, gunakan sikat yang sudah diberi cairan cuka panas tadi dan gosokkan ke permen karet yang menempel di baju.

Asam akan melunakkan permen karet dan membantu melepaskannya dari kain. Atau cara lainnya, tuangkan cuka ke atas permen karet, taburkan soda kue, dan biarkan hingga permen karet terlepas dengan sendirinya.

Sumber/Rewrite: cnnindonesia.com/Tiyas Aprilia

Lebih baru Lebih lama