Pengembangan bakat minat peserta didik dalam dunia konten digital. (ist)


BARENG – Berdiri sejak tahun 2014 silam, tentu bukan waktu yang singkat bagi pendidik dan tenaga kependidikan SMP Muhammadiyah Boarding School (MBS) Bareng untuk senantiasa mengabdikan diri kepada peserta didik dan masyarakat. Kepala SMP MBS Bareng, Imam Fauzi Rohman, S.Pd. pun menjadi salah satu saksi pengabdian dan perjuangan tersebut.

Keseluruhan penyelarasan program unggulan ditujukan guna menegaskan eksistensi SMP MBS Bareng di tengah tantangan zaman dan pergulatan dunia pendidikan.

Sebelum diangkat menjadi Kepala SMP MBS Bareng angkatan ketiga pada tahun 2021 lalu, Imam Fauzi Rohman beserta seluruh guru, hanya mengampu sembilan peserta didik. Selang waktu berjalan, tekadnya menjadi seorang pendidik makin bulat.

Baca Juga: Cara Agar Rumput Liar Tak Tumbuh Lagi

Imam Fauzi Rohman berkisah, “Sebagai seorang pendidik, kredo utama yang saya pegang adalah soal pengabdian. Sekaligus keikhlasan dalam bertugas, seraya membersamai dan mengembangkan potensi dan bakat minat peserta didik. Seluruhnya saya serap dari keluarga besar yang juga seorang pendidik. Walhasil, ibarat buah jatuh tak jauh dari pohonnya, ilmu ihwal pengabdian seorang guru telah saya serap dari lingkungan keluarga.”



Selain dari keluarga, pelajaran berharga mengenai pentingnya rasa pengabdian bagi seorang guru, juga turut ditimbanya sejak aktif menjadi aktivis pendidikan di Kelas Inspirasi Jombang pada warsa 2014 lalu. Merunut jejak pengalamannya mengajar serta melakukan pelbagai kegiatan sosial di pelosok Kota 1001 Kikil ini bersama punggawa Kelas Inspirasi Jombang, semakin menguatkan motivasinya selain mendidik dan mengabdi, juga wajib memiliki seribu satu cara mensiasati pelbagai keadaan dan lingkungan sekitar.


Ujian Tartil dan Tahfidz Peserta Didik SMP MBS Bareng melalui Metode Umi. (ist)

“Mensiasati keadaan ini menjadi bagian dari strategi lain bentuk pengabdian, yang jika diukur dari segi materi belum mencukupi, maka guru juga harus mengasah keterampilan di bidang lain atau mengembangkan kompetensinya secara kreatif. Oleh karenanya, hikmah dari pengabdian yang saya tanamkan dalam diri pribadi dan rekan seperjuangan kini telah membuahkan hasil manis. Mulai dari kesejahteraan pendidik dan tenaga kependidikan sampai perluasan wadah potensi dan bakat minat peserta didik di SMP MBS Bareng,” ujar Imam Fauzi Rohman.

Imam Fauzi Rohman saat ditemui di Perpustakaan MBS Bareng. (Donny)

Buah hasil tersebut diantaranya, pengembangan bidang akademik dan keagamaan yang menjadi program unggulan di SMP MBS Bareng. Mulai dari Kelas Tartil dan Tahfidz yang bekerjasama dengan UMI Foundation, Kelompok Karya Ilmiah Remaja, hingga ekstrakurikuler Jurnalistik dan Sinematografi. Imam Fauzi Rohman, menegaskan, keseluruhan penyelarasan program unggulan ditujukan guna menegaskan eksistensi SMP MBS Bareng di tengah tantangan zaman dan pergulatan dunia pendidikan.

Reporter/Foto: Donny Darmawan

Lebih baru Lebih lama