Ilustrasi menyemprot obat untuk rumput liar. (Ist)


NASIONAL - Mematikan rumput liar tak hanya bisa dilakukan dengan menggunakan cairan kimia tertentu. Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami yang mudah ditemukan di dapur. Simak beberapa cara mematikan rumput liar dengan bahan alami berikut ini.

Baca Juga: SDN Plosogeneng III Jombang Bersolek Demi Peningkatan Mutu dan Layanan Bagi Masyarakat

Kehadiran rumput liar bisa merusak pekarangan rumah. Rumput liar juga bisa jadi tempat bersarangnya hewan-hewan melata seperti ular. Di tengah musim hujan seperti sekarang, rumput liar harus dibasmi. Jangan sampai Anda memberikan 'wadah' untuk ular bersarang di halaman rumah.

Cara Mematikan Rumput Liar dengan Bahan Alami

Pada dasarnya, ada cairan obat tertentu untuk mematikan rumput liar secara permanen. Hanya saja, penggunaannya bisa merusak ekosistem yang ada di sekitarnya. Untuk itu, Anda bisa menggunakan bahan alami untuk mematikan rumput liar. Apa saja bahannya?

Garam dan Sabun Cuci Piring
Dua bahan ini diyakini bisa jadi cara mematikan rumput liar dengan bahan alami. Campuran keduanya diyakini cukup keras bagi rumput jenis apa pun.



Campurkan sabun dan garam dengan perbandingan yang sama, lalu larutkan dengan air. Garam bisa bikin rumput mengering, sedangkan sabun bikin garam menempel di daun dan menyerap campuran tersebut.

Cuka
Anda juga bisa mencampurkan cuma dengan sabun cuci piring. Campur keduanya dengan air, dan semprotkan ke wilayah yang banyak ditumbuhi rumput liar.

Air Mendidih
Cara membunuh rumput liar secara permanen lainnya adalah dengan menggunakan air mendidih. Anda hanya perlu merebus air mendidih dan siramkan pada tanah tempat rumput liar tumbuh.

Demikian beberapa cara mematikan rumput liar dengan bahan alami. Selamat mencoba!

Sumber/Rewrite: cnnindonesia.com/Tiyas Aprilia

Lebih baru Lebih lama