Contoh deretan soal latihan yang dikerjakan Silvia Ivanna Prayoga. (Donny)


JOMBANG – Perpustakaan SDN Katolik Wijana Jombang nampak lengang pada pagi (7/8). Di sudut timur, salah seorang peserta didik nampak khidmat bersama buku buku Matematika. Sesekali membalik halaman yang berisi uraian rumus pengerjaan soal. Kegitan itu dilakukan oleh Silvia Ivanna Prayoga, peserta didik Kelas IV SDN Katolik Wijana Jombang.

Dua kali keberhasilan menyabet gelar Juara I OSN tingkat kabupaten dan beberapa perolehan di kompetisi Matematika di luar kompetisi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang, selalu ia persembahkan kepada kedua orang tuanya.

Ia menceritakan ketertarikkannya dalam ilmu aljabar bemula saat duduk di bangku Kelas III, kedua orang tuanya telah memfokuskan peminatannya ke bidang akademik. Pemfokusan ini diwujudkan dalam bentuk bimbingan Matematika setiap minggunya, sebanyak dua kali pertemuan.

“Saat itu, ketika mendapat pembinaan Matematika melalui les privat saya jadi lebih mudah memahami rumus dan pengerjaan soal-soal baik dari tugas sekolah maupun buku pelajaran. Lalu dari hasil pembinaan ini banyak kompetisi Matematika, termasuk terpilih menjadi delegasi SDN Katolik Wijana Jombang untuk Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat kecamatan sewaktu masuk Kelas IV,” tutur Silvia Ivanna Prayoga.

Baca Juga: Tips Tetap Modis Saat Liburan Tanpa Bawaan Berlebih

Berkat pembiasaan tersebut, langkah Silvia Ivanna Prayoga merintangi beberapa kompetisi semakin kencang. Tercatat, usai meraih nominasi Juara III kecamatan OSN Matematika, gelar juara yang direngkuh Silvia Ivanna Prayoga berhasil bertengger di Juara I tingkat kabupaten pada tahun 2022. Tak jauh berbeda, di tahun 2023 Silvia Ivanna Prayoga juga memuncaki tangga Juara I OSN tingkat kabupaten.



Disinggung ihwal tantangan OSN di dua tahun pelaksanaan yang diikutinya, Silvia Ivanna Prayoga mengakui, tingkat kesulitannya lebih tinggi pada tahun 2023. Sebab, soal di tahun sebelumnya dikembangkan dengan presentasi nilai dan angka yang lebih besar.

Gadis berkacamata ini menambahkan, “Syukur, kendati kesulitan soalnya bertambah, namun dengan bekal latihan soal bersama guru les dan pendampingan papa selama dua jam setiap hari, semuanya bisa saya hadapi dengan lancar. Selain itu trik untuk membagi waktu antara belajar dan bermain juga menjadi metode yang saya terapkan. Sehingga tak sampai jenuh dan menurunkan daya belajar.”

Buku-buku yang digunakan Silvia Ivanna Prayoga sebagai referensi berlatih soal. (Donny)

Silvia Ivanna Prayoga yang bercita-cita menjadi pengusaha ini juga mengakui bahwa tekadnya untuk termotivasi menjadi juara selalu mendapat dukungan baik keluarga dan seluruh pendidik SDN Katolik Wijana Jombang. Tak ayal dua kali keberhasilan menyabet gelar Juara I OSN tingkat kabupaten dan beberapa perolehan di kompetisi Matematika di luar kompetisi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang, selalu ia persembahkan kepada kedua orang tuanya. Sebagai bakti dan tanda kebanggaan keluarga.

Reporter/Foto: Donny Darmawan
Lebih baru Lebih lama