Peserta didik saat berpraktik membuat karya tulis. (ist)


PETERONGAN –
Mengawali tahun 2024, SMP Darul 1 Peterongan langsung membuka lembaran kegiatan baru di bidang literasi. Pada (15-16/1) lalu, kegiatan pelatihan literasi bertajuk Membangun Generasi Unggul Yang Kreatif dan Inovatif Melalui Gerakan Literasi dihelat dengan menyertakan 180 peserta didik, mulai dari kelas VII-IX.

Bertempat di Aula Kantor Pusat Pondok Pesantren Darul Ulum Peterongan Jombang, pelatihan literasi yang berfokus pada peningkatan keterampilan penulisan peserta didik, mencakup beberapa materi. Diantaranya, penulisan cerpen dan esai yang bernuansa islami. Diampu langsung penulis dan akademisi, Abi Utomo, M.Pd. hasil karya tulis yang dikaryakan oleh peserta didik akan dikembangkan tak hanya dalam bentuk antologi atau karya tulis sejenis. Melainkan pula dapat dirupakan ke video pendek serta video cerita yang mengusung tema Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.

Pembukaan acara oleh Mashudi. (ist)

Kepala SMP Darul Ulum 1 Peterongan, Mashudi, S.S., S.Pd. menerangkan, tujuan dan hasil tindak lanjut dari pelatihan literasi ini, ditujukan untuk memupuk keterampilan peserta didik di tantangan abad 21 ini. Sehingga, dengan keterampilan mengeksplorasi ide dan gagasan dalam pelbagai karya tulis, kedepannya inovasi dan karya ilmiah dari peserta didik bukan lagi sebuah hal sulit untuk dikaryakan.

Reporter/Foto: Donny Darmawan

Lebih baru Lebih lama