Ilustrasi anak minum susu. (Ist)


NASIONAL - Anak-anak dalam masa pertumbuhan memerlukan nutrisi yang seimbang untuk mendukung perkembangan tulang, otak, dan sistem imun. Susu merupakan sumber nutrisi penting yang memberikan kalsium, protein, vitamin D, dan mineral esensial lainnya.

Lalu, kapan waktu yang baik untuk anak minum susu? Ternyata, anak dapat minum susu di pagi hari dan malam hari sebelum tidur. Namun, anak dengan usia kurang dari satu tahun memerlukan interval waktu yang teratur untuk minum susu. Untuk itu, simak penjelasan berikut ini.

Secara umum, waktu terbaik untuk anak minum susu adalah di pagi hari dan sebelum tidur. Orangtua tidak bisa memberikan susu untuk anak secara sembarangan. Sebab, terlalu banyak minum susu bisa membuat anak mengalami obesitas.

Baca Juga: Imam Fauzi Rohman Pengabdian Adalah Napas Pendidikan

Melansir Medical News Today, susu mengandung kalori yang tinggi. Jika dikonsumsi terlalu banyak, susu dapat menyebabkan kelebihan berat badan atau obesitas, terutama pada anak yang aktif beraktivitas. Selain itu, susu tidak mengandung serat, sehingga mengonsumsi susu terlalu banyak dapat menyebabkan sembelit.

Susu juga mengandung kalsium yang tinggi. Jika dikonsumsi terlalu banyak, kalsium dapat menumpuk di tulang dan menyebabkan masalah kesehatan tertentu, seperti batu ginjal dan osteoarthritis. Karena itu, orangtua perlu mengatur jadwal khusus untuk anak minum susu.

Dilansir dari KidsHealth, minum susu di pagi hari dapat membantu anak untuk memulai hari dengan energi yang cukup. Susu juga dapat membantu anak untuk fokus dan berkonsentrasi di sekolah. Sebaliknya, minum susu sebelum tidur dapat membantu anak untuk tidur lebih nyenyak.



Susu mengandung triptofan, yang merupakan asam amino yang dapat membantu tubuh memproduksi melatonin yang merupakan hormon yang berperan dalam mengatur tidur. Namun, orang tua dapat menyesuaikan waktu minum susu dengan kebiasaan anak.

Misalnya, jika anak tidak suka minum susu di pagi hari, orang tua dapat memberikan susu di sore hari atau malam hari. Namun, para orang tua perlu paham bahwa pemberian susu sapi hanya boleh dilakukan untuk anak berusia di atas satu satun.

Jika anak masih berusia di bawah satu tahun, sebaiknya Anda memberikan Air Susu Ibu (ASI) atau susu formula. Jadwal pemberian ASI biasanya mengikuti kebiasaan bayi, sedangkan formula bayi dapat diberikan sekitar 7-8 kali sehari dengan interval yang teratur.

Ketika anak sudah menginjak usia satu hingga tiga tahun, mereka dapat beralih ke susu sapi atau susu alternatif yang kaya nutrisi. Berikan susu sebagai bagian dari makanan utama atau camilan sehat. Hindari juga memberikan susu terlalu dekat dengan waktu makan utama agar anak tidak kehilangan nafsu makan.

Sesuaikan juga jadwal minum susu sehingga tidak bersinggungan dengan jam makan. Memahami kapan waktu yang baik untuk anak minum susu sangatlah penting bagi orang tua. Dengan begitu, anak bisa mendapatkan nutrisi yang baik untuk kesehatan dan dapat menghindari terjadinya masalah kesehatan yang lebih serius.

Sumber/Rewrite: kompas.com/Tiyas Aprilia

Lebih baru Lebih lama