Ilustrasi menyikat lantai teras rumah. (Ist)


NASIONAL - Saat hujan sering turun, lantai rumah sering kali jadi berlumut. Bagaimana cara membersihkan lantai berlumut di teras rumah? Lantai teras rumah yang diselimuti lumut tentu bukanlah pemandangan yang enak dilihat, apalagi jika Anda sedang kedatangan tamu.

Namun, udara lembap dan curah hujan yang tinggi akhir-akhir ini membuat lumut tumbuh secara alami di berbagai area rumah termasuk lantai di teras. Tak hanya mengganggu pemandangan, lumut juga membuat lantai menjadi licin dan berbahaya bagi yang melewatinya.

Jika sudah begitu, Anda pasti mencari cara bagaimana membersihkan lantai berlumut di teras rumah.

Gunakan Air Mendidih dan Sikat
Anda bisa membersihkan lantai berlumut di teras rumah dengan menyiram permukaan lantai dengan air mendidih. Air mendidih membantu lumut lepas dari permukaan lantai. Anda juga bisa menambahkan beberapa tetes sabun di air untuk mempermudah pembersihan. Dengan cara ini Anda akan mengembalikan keindahan lantai teras lebih cepat dan praktis.

Baca Juga: KB Tunas Harapan Megaluh Dukung Eksistensi Paguyuban Wali Anak Didik

Pakai Air dan Cuka
Selain dengan air mendidih, Anda juga bisa membersihkan lumut yang menempel di lantai teras dengan larutan air dan cuka. Mengutip Daily Express, untuk membuat larutan Anda cukup mencampurkan cuka dan air dengan perbandingan yang sama ke dalam botol semprot.

Kocok hingga merata dan basahi area yang terkena lumut dengan semprotan sebelum didiamkan selama 15 menit. Berhati-hatilah untuk tidak menyemprot tanaman di sekitar.Gunakan sikat dek atau sapu taman yang kaku untuk menggosok area tersebut hingga bersih.

Gunakan Soda Kue
Baking soda atau soda kue sudah dikenal ampuh dalam menghilangkan noda membandel. Ini juga bisa Anda gunakan sebagai cara alami membersihkan lantai berlumut di teras rumah. Caranya taburkan bubuk soda kue di atas lumut lalu biarkan semalaman. Keesokan harinya, sikat permukaan dengan bulu sikat yang keras untuk menghilangkan lumut-lumut yang menempel. Jika ini tidak berhasil, sebaiknya pertimbangkan untuk menggunakan bahan kimia karena lumut sudah tumbuh terlalu kuat.



Pakai Deterjen
Menukil Homes and Garden, Anda bisa membersihkan lumut di lantai teras rumah menggunakan deterjen dan sabun cuci piring. Sama seperti cara lainnya, pertimbangkan tanaman di sekitar area yang tertutup lumut saat hendak membersihkannya.

Mulailah dengan menyikat lumut yang lepas dari permukaan dan gunakan pisau tumpul untuk mengangkat pertumbuhan dari celah-celahnya.

Gunakan Pemutih
Pemutih baju juga bisa digunakan dalam membasmi lumut membandel di lantai teras rumah. Caranya juga sangat mudah, yaitu dengan mencampurkan air bersih serta pemutih baju dengan perbandingan 4:1

Kemudian, Anda cukup menyiramkan campuran tersebut ke seluruh bagian rumah yang berlumut, tentunya sembari disikat hingga bersih. Adanya kandungan bahan kimia yang cukup keras di dalam produk pemutih baju berguna untuk mencegah lumut muncul kembali.

Demikian cara membersihkan lantai berlumut di teras rumah. Semoga membantu.

Sumber/Rewrite: cnnindonesia.com/Tiyas Aprilia

Lebih baru Lebih lama