Ilustrasi cegukan. (Ist)


NASIONAL - Secara medis, cegukan (hiccups) adalah kontraksi spontan diafragma. Jika terjadi terus menerus, kondisi ini tentu akan membuat kita merasa tak nyaman dalam melakukan berbagai aktivitas. Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa cara yang bisa dicoba untuk menghilangkan cegukan.

Hembuskan Napas Sambil Menutup Mulut dan Hidung
Studi tahun 2015 oleh Petroianu GA, dari Herbert Wertheim College of Medicine, Florida International University, Miami, menyebutkan bahwa melakukan Manuver Valsava dengan menghembuskan napas dengan kuat sambil menutup mulut dan hidung bisa membantu merangsang saraf vagus. Para peneliti menemukan bahwa hal ini terkadang bisa menghentikan cegukan.

Menekan Bola Mata dengan Lembut
Petroianu GA dalam penelitian sebelumnya, juga mengungkapkan bahwa menghilangkan cegukan bisa dilakukan dengan cara menekan bola mata secara lembut, untuk merangsang saraf vegus. Para ilmuan telah menemukan teknik ini sekitar 100 tahun lalu, yang juga dipakai dalam mengobati cegukan.

Menarik Lidah
Dalam studi tahun 2016 oleh Quiroga JB, dkk, yang dimuat British Journal of General Practice, menemukan bahwa menarik lidah akan merangsang saraf vagus untuk menghentikan cegukan. Caranya, pegang ujung lidah dan tarik perlahan ke bawah. Pastikan tangan kamu bersih untuk melakukan ini.

Menghisap Lemon

Menghisap citrus seperti lemon atau makanan asam lainnya bisa menstimulasi saraf vegus. Untuk mengurangi rasa asam dan mencegah iritasi pada tenggorokan, celupkan lemon ke dalam gula terlebih dahulu. Lalu, telan saja gula keringnya atau taruh gula di bawah lidah.

Menutup Telinga
Perubahan tekanan di telinga bisa dijadikan teknik untuk mengobati cegukan. Caranya, tutup telinga lalu lakukan perubahan tekanan. Cara ini juga sering dilakukan dengan menelan air. Kamu bisa gunakan sedotan untuk menyesap air, atau minum langsung dari gelas sebelum menutup telinga, kemudian telan.

Menelan Es
Menelan es atau es krim membantu dalam menghentikan, karena merangsang saraf vagus. Caranya, kamu bisa menelan potongan kecil es serut, menghisap es, atau memakan smoothies beku/es krim.

Menarik Lutut ke Dada
Menarik lutut ke dada akan memberi tekanan pada diafragma (yang mungkin menyebabkan diafragma berhenti berkontraksi). Untuk menghentikan cegukan dengan cara ini, pertama berbaringlah decara telentang dengan lutut ditekuk. Kemudian, ikat jari-jari di bawah lutut dan tarik lutut ke arah dada. Tahan posisi ini hingga 1 menit.

Meningkatkan Karbon Dioksida Darah
Studi tahun 2022 oleh Accorsi TAD, menyebutkan bahwa menahan napas untuk menghentikan cegukan dapat dilakukan dengan meningkatkan kadar karbon dioksida (CO2) dalam darah. Untuk melakukan metode ini, buatlah bukaan kantong kertas (seperti kantong makan siang) di sekitar mulut lalu hirup masuk dan keluar selama sekitar 1 menit. Kemudian, tarik napas dan tahan napas selama beberapa detik.

Penyebab Cegukan

Menurut National Health Service (NHS), seringnya tidak ada alasan yang jelas mengapa seseorang bisa mengalami cegukan. Namun, ada hal-hal yang bisa memicunya. Steger M, dkk, dalam jurnalnya tahun 2015 menyebutkan bahwa penyebab umum cegukan antara lain:

· Perut kembung akibat makan besar atau minum minuman berkarbonasi

· Cabai

· Merokok

· Kecemasan

· Kegembiraan yang berlebih

· Iritasi pada saluran pencernaan

Berapa Lama Cegukan Akan Hilang?
Biasanya, cegukan hanya berlangsung beberapa menit dan bisa hilang dengan sendirinya. Namun, terkadang cegukan juga bisa berlangsung lebih lama atau bersifat berulang atau kronis.

Kapan Harus Menghubungi Dokter?
Cegukan kronis terkadang dapat menjadi gejala kondisi kesehatan lain. Hal tersebut bisa menunjukkan masalah pada diafragma, penyakit usus, gangguan kerongkongan atau perut, serta beberapa jenis kanker dan hepatitis .

Selain itu, cegukan yang berlangsung lebih dari 48 jam bisa disebabkan oleh kondisi medis atau obat yang diminum. Namun kasus ini jarang terjadi. Jika cegukan berlangsung lebih dari beberapa hari, segeralah menemui penyedia layanan kesehatan.

Demikian penjelasan mengenai cara menghilangkan cegukan yang bisa kamu lakukan. Semoga bermanfaat.

Sumber/Rewrite: detik.com/Tiyas Aprilia

Lebih baru Lebih lama