Anggota IGTKI saat menjajal permainan River Tubing. (Ist)


JOMBANG – Kekompakan dalam berorganisasi ala Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia (IGTKI-PGRI) Kabupaten Jombang tak hanya tercermin dalam agenda rapat, workshop atau perlombaan saja. Bahkan juga ketika melaksanakan agenda wisata bersama untuk mempererat tali silaturahmi, salah satunya yakni ketika Outbond pada Minggu (8/10) berlokasi di Lembah Pandawa Kabupaten Pasuruan.

Baca Juga: Manfaat Mengajarkan Renang untuk Anak Sejak Dini

Ketua IGTKI Kabupaten Jombang, Dra. Puji Utami, M.M. menyampaikan bahwa agenda wisata bersama ini termasuk agenda rutin disela kesibukan para pengurus IGTKI baik pada ranah kabupaten ataupun kecamatan. Hal ini termasuk agenda yang sangat ditunggu lantaran selain dapat bersenang-senang juga mampu memupuk kekompakkan antar anggota.



Puji Utami mengatakan bahwa terkait jumlah peserta yang berpartisipasi berjumlah 60 orang yang terdiri dari pengurus IGTKI Kabupaten Jombang dan Pengurus IGTKI Kecamatan dan beberapa anggota Forum Kelompok Kerja Kepala TK (FKKKTK) yang telah mendaftar. Menariknya, tak ada batasan atau kewajiban bagi pengurus kecamatan untuk mendelegasikan pengurus IGTKI nya sehingga yang memiliki kesibukan diluar agenda ini tetap bisa menjalankan tugas tanpa beban.


Pengurus IGTKI Kabupaten Jombang. (Ist)

“Perihal susunan agenda Outbond ini selain River Tubing di Sungai Jumpinang yang menjadi acara utama juga ada permainan yang menyenangkan seperti senam bersama, permainan adu ketangkasan selanjutnya wisata religi di Masjid Moh Ceng Hoo. Bersyukur semua agenda dapat diikuti dengan lancar oleh seluruh peserta,” terang Puji Utami.

Anggota IGTKI Kabupaten Jombang berfoto bersama. (Ist)

Bagian Dokumentasi IGTKI Kabupaten Jombang sekaligus Ketua FKKKTK Kecamatan Bandar Kedungmulyo, Siti Khalimah, S.IP., S.Pd.AUD. menambahkan bahwa agenda wisata yang digagas oleh IGTKI Kabupaten Jombang ini menjadi salah satu ajang percontohan untuk satuan pendidikan yang akan menyelenggarakan agenda serupa. Sehingga para pengurus IGTKI Kecamatan yang hadir dapat belajar dan memperoleh informasi perihal tata cara memilih agen perjalanan, negosiasi harga hingga penentuan ragam agenda yang dapat dilakukan untuk para anggota IGTKI ataupun yang cocok bagi anak usia dini.

Peserta juga melakukan outbond. (Ist)

Agenda River Tubing dipilih lantaran pelbagai pertimbangan. Diantaranya dapat memacu adrenalin, saat susuri sungai bukan menggunakan perahu karet tapi menggunakan ban bekas, dilengkapi pengaman helm dan juga rompi pelampung, imbuh Siti Khalimah. Sepanjang sungai yang dilalui, terdapat bebatuan juga terdapat view pematang sawah yang indah serta pepohonan lainnya. Berhawa sejuk karena berada di kaki Gunung Arjuno dengan ketinggian sekitar 500 meter dari permukaan air laut.

Reporter/Foto: Rabitha Maha/Istimewa

Lebih baru Lebih lama