Ilustrasi anak belajar berenang. (Ist)


NASIONAL - Ada beberapa manfaat renang untuk anak yang bahkan sudah dapat terlihat sejak usia anak masih sangat kecil. Renang merupakan salah satu aktivitas fisik yang baik untuk kesehatan, tidak hanya bagi orang dewasa tetapi juga anak-anak.

Untuk itu, sangat penting mengajarkan cara berenang yang tepat pada anak agar mereka bisa mendapatkan lebih banyak manfaat dari aktivitas ini. Lalu, apa saja kira-kira manfaat dapat diperoleh anak-anak saat berenang? Berikut ulasannya.

Baca Juga: Tim Sepak Takraw SDN Dukuharum Megaluh Prestasi Berkat Latihan Fisik, Teknik dan Taktik


Dokter spesialis kedokteran olahraga, Dr Listya Tresnanti Mirtha, SpKO, CCD, SubspAPK(K), MARS. mengungkapkan sejumlah manfaat berenang untuk anak ketika dilakukan sejak dini, antara lain:

Perkembangan Secara Fisik
Berenang adalah aktivitas fisik yang melibatkan hampir semua kelompok otot utama, termasuk lengan, kaki, punggung, dan perut. Oleh sebab itu, mengajarkan anak berenang sejak dini dapat membantu pengembangan kekuatan otot, fleksibilitas, dan koordinasi tubuh. Ini juga baik dalam meningkatkan postur dan keseimbangan.

Kesehatan Jantung dan Paru-Paru
Berenang merupakan latihan kardiovaskular yang dapat membantu dalam meningkatkan efisiensi jantung dan paru-paru. Anak-anak yang berenang secara teratur cenderung memiliki kapasitas kardiorespirasi yang lebih baik. Ini artinya jantung dan paru-paru mereka bekerja lebih efisien dalam memompa darah dan oksigen ke seluruh tubuh.



Mengurangi Risiko Obesitas
Dengan meningkatnya prevalensi obesitas pada anak-anak, berenang dapat menjadi cara yang menyenangkan untuk membantu mengontrol berat badan. Sebagai latihan aerobik, menurut Dr Tata, berenang dapat membakar kalori dan membantu dalam mengelola berat badan. Secara langsung, manfaat ini dapat membantu mengurangi risiko obesitas dan penyakit terkait seperti diabetes tipe 2.

Keterampilan Keselamatan
Salah satu hal terpenting dalam mengajarkan anak berenang sejak dini tidak hanya tentang kebugaran, tetapi juga tentang keselamatan. Dr Listya Tresnanti Mirtha mengatakan anak-anak yang belajar berenang memiliki kemampuan yang lebih baik untuk menjaga diri mereka aman di dekat air. Hal itu dapat mengurangi risiko tenggelam, yang merupakan salah satu penyebab utama kematian tidak sengaja pada anak-anak.

Perkembangan Sosial dan Emosional
Berenang juga menawarkan manfaat sosial dan emosional dengan meningkatkan kepercayaan diri anak-anak saat belajar dan menguasai keterampilan baru. Berenang dalam kelompok atau tim, misalnya, mampu mempromosikan kerja sama tim, disiplin, dan keterampilan sosial.

Manfaat Terapeutik
Bagu anak-anak dengan kondisi tertentu seperti cerebral palsy atau autisme, berenang dapat menawarkan manfaat terapeutik. Hal tersebut membuat aktivitas di dalam air seringkali lebih mudah bagi anak-anak dengan keterbatasan fisik sehingga dapat membantu dalam meningkatkan rentang gerak, kekuatan, dan kesejahteraan emosional.

Peningkatan Kualitas Tidur
Aktivitas fisik seperti berenang juga dapat membantu meningkatkan kualitas tidur anak-anak. Latihan fisik secara teratur telah dikaitkan dengan pola tidur yang lebih baik, yang sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak yang sehat. Meskipun ada banyak manfaat kesehatan dari berenang sejak dini, keselamatan harus selalu menjadi prioritas.

Dr Listya Tresnanti Mirtha mengingatkan orangtua untuk selalu mengawasi dan memastikan anak-anak berenang di lingkungan yang aman. Jika memungkinkan, pastikan anak berada di bawah pengawasan instruktur berenang yang berkualifikasi.

Sumber/Rewrite: kompas.com/Tiyas Aprilia

Lebih baru Lebih lama