Aksi pertandingan Tim Sepak Takraw SDN Dukuharum Megaluh (biru). (ist)


MEGALUH – Wilayah Kerja Pendidikan Kecamatan Megaluh patut berbangga lantaran terdapat satuan pendidikan yang mampu berprestasi menyabet Juara I Pekan Olahraga Sekolah Dasar (POR SD) tahun 2023 Cabang Olahraga (Cabor) Sepak Takraw Putri. Sebab sudah menjadi rahasia umum bahwa Cabor Sepak Takraw selama bertahun-tahun sebelumnya telah menjadi andalan dari Kecamatan Tembelang.

Intensitas latihan ditambah tatkala akan mengikuti perlombaan sekitar satu bulan sebelumnya menjadi empat kali dalam satu minggu, selanjutnya satu minggu sebelum hari perlombaan peserta didik akan menjalani latihan sederhana hampir setiap hari.

Pelatih Tim Sepak Takraw SDN Dukuharum Megaluh, Mochamad Rozi, S,Pd. membeberkan bahwa olahraga Sepak Takraw di SDN Dukuharum Megaluh terbilang baru mulai bersemi sejak tahun 2019. Saat itu sudah mulai berlatih namun kurang terwadahi lantaran adanya Pandemi yang mengharuskan belajar di rumah.

Baca Juga: Tips Tingkatkan Kemampuan Calistung pada Anak

Pembentukan tim diawali dengan pemetaan potensi peserta didik di bidang non-akademik yakni olahraga pada saat kelas III. Alih-alih langsung diajarkan teknik Sepak Takraw, peserta didik yang terpilih menjalani latihan fisik terlebih dahulu seperti berlari dan melompat. Selanjutnya pada saat kelas IV dan V sudah mulai membentuk tim yang terdiri dua tim putra dan satu tim putri. Peserta didik yang tergabung dalam tim akan melakukan sesi latihan baik secara fisik maupun teknik dasar bermain Sepak Takraw. Agar dapat melatih penguasaan teknik dan taktik permainan Sepak Takraw harus berpedoman pada gerakan-gerakan yang mudah ke sulit. Teknik dasar Sepak Takraw yang diajarkan diantarnya adalah sepaksila, sepakkuda, sepakcungkil, heading (sundulan kepala), memaha, mendada, menapak, sepakmula (servis), smash, dan blocking.



Teknik dasar bermain diatas antara satu dengan lainnya merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan. Tanpa menguasai teknik dasar sepaktakraw permainan ini tidak dapat dimainkan dengan baik. Teknik dasar dimiliki dengan baik jika berlatih dengan baik. Namun tidak berarti bahwa prestasi sepaktakraw itu hanya ditentukan oleh pemilik teknik dasar yang baik saja, faktor-faktor lainpun banyak lagi yang menunjang peningkatan prestasi, misalnya fisik, mental, taktik dan strategi.

Tim Sepak Takraw SDN Dukuharum Megaluh bersama anggota KKKS Kecamatan Megaluh. (ist)

Kepala SDN Dukuharum Megaluh, Wasis Mulyadi, S.Pd. menambahkan bahwa ajang POR SD tahun 2023 telah dipersiapkan dengan matang melalui pelbagai jenis latihan. Awalnya latihan reguler dikemas melalui program ekstrakurikuler yang dilakukan satu minggu sekali dengan durasi dua hingga tiga jam. Kemudian intensitas latihan ditambah tatkala akan mengikuti perlombaan sekitar satu bulan sebelumnya menjadi empat kali dalam satu minggu, selanjutnya satu minggu sebelum hari perlombaan peserta didik akan menjalani latihan sederhana hampir setiap hari.

Kepala satuan pendidikan, pelatih dan Tim Sepak Takraw SDN Dukuharum Megaluh. (Rabitha)

Selain itu yang tak kalah pentingnya dalam menunjang prestasi adalah berkoordinasi dengan wali peserta didik untuk mendukung serta mengizinkan buah hatinya berlatih. Selanjutnya yakni pemenuhan segala kebutuhan dan fasilitas olahraga, selain swadaya oleh satuan pendidikan ataupun dukungan dari wali peserta didik juga diambilkan dari dana BOS untuk membeli net dan bola.

Reporter/Foto: Rabitha Maha

Lebih baru Lebih lama