Ilustrasi mencuci pakaian. (Ist)


NASIONAL - Sifon adalah kain yang memiliki tekstur ringan dan lembut. Biasanya, sifon banyak digunakan untuk berbagai jenis pakaian seperti gaun pesta, baju pengantin, gamis, kerudung, dan lainnya. Karena bahannya yang cenderung tipis, tidak heran bila sifon dapat dengan mudah rusak atau sobek jika tidak mendapatkan penanganan yang tepat.

Baca Juga: SDN Perak I Sukses Terapkan Pola Pembinaan Olahraga

Salah satu perawatan yang bisa dilakukan untuk membuat pakain berbahan sifon lebih awet adalah mencucinya dengan cara yang tepat. Untuk mengetahuinya lebih lanjut, simak cara mencuci pakaian berbahan sifon berikut ini.

Mencuci Pakai Tangan
Desainer sekaligus pemilik merek modest fesyen RiaMiranda, Ria Miranda mengatakan pakaian berbahan sifon sebaiknya dicuci dengan menggunakan tangan. Sebab, sifon terbilang cukup rapuh dan apabila dimasukkan ke dalam mesin cuci itu justru dapat merusak serat-serat kain. Disarankan mencucinya dengan tangan saja. Cuma untuk sifon yang jenisnya lebih tebal sih masih bisa dicuci dengan mesin cuci.



Pastikan Suhu Air Normal atau Tidak Terlalu Tinggi
Menurut Ria Miranda, mencuci pakaian berbahan sifon tidak memerlukan suhu air secara khusus. Dia hanya menyarankan untuk memastikan suhu air normal dan tidak terlalu tinggi atau panas karena sifon memiliki tekstur bahan yang cukup tipis.

Menyetrika dengan Setrika Uap
Setelah proses mencuci, keringkan pakaian berbahan sifon seperti biasa atau mengangin-anginkannya dengan udara. Yang menjadi perhatian menurut Ria Miranda adalah proses menyetrika sifon karena bahannya yang tipis dan mudah rusak. Disarankan untuk menyertika pakai setrika uap. Itu bisa menjaga pakaian lebih awet.

Sumber/Rewrite: kompas.com/Tiyas Aprilia

Lebih baru Lebih lama