Meriah Peringatan Tahun Baru Hijriyah

Serangkaian perayaan tahun baru Islam, tampak beberapa desa di Kabupaten Jombang mengadakan kegiatan pawai taaruf bersama lembaga terkait. Tidak kalah dengan beberapa kecamatan lainnya, Kecamatan Bareng pun turut menggelar acara serupa.

BARENG, MSP – Masih dalam serangkaian perayaan tahun baru Islam, tampak beberapa desa di Kabupaten Jombang mengadakan kegiatan pawai taaruf bersama lembaga terkait. Tidak kalah dengan beberapa kecamatan lainnya, Kecamatan Bareng pun turut menggelar acara serupa. Tercatat lebih dari 1500 peserta yang terbagi dalam 45 kelompok ikut memeriahkan acara ini. Turut hadir pula Bupati Jombang, Ec Nyono Suharli Wihandoko bersama beberapa kepala SKPD kabupaten Jombang.

Ketua Panitia Pawai Taaruf Kecamatan Bareng, Sunarko, S.Pd.I, memaparkan laporan kepada Bupati Jombang selaku pembina apel, “Acara kali ini diikuti oleh SD/MI se Kecamatan Bareng dengan beberapa partisipasi dari SMP/MTs sekitar.”

Terdapat beragam sajian drumb band dari beberapa kelompok peserta pawai. Dari awal hingga terakhir barisan peserta yang melintasi garis start, alunan musik drumb band terdengar jelas ke telinga penonton. Keberadaan Bupati Jombang di tengah kumpulan peserta, menambah semangat serta antusias penonton untuk hadir dilapangan. Banyak diantara pengunjung bergantian berswafoto bersama Bupati.

Selain itu, tema setiap kelompok pun beragam, mulai dari tokoh penyebar agama Islam, ‘Wali Songo’ tampak diperankan oleh peserta didik. Tema kebudayaan juga banyak dipilih peserta, dengan mengenakan busana nan elok dipandang menambah ragam sajian pawai.

Terselenggaranya acara tidak lepas dari kontribusi seluruh lembaga terkait. Berbekal dana infaq dari peserta dan patungan penitia, perhelatan kali ini berjalan sesuai harapan. Tidak sebatas biaya operasional saja, tetapi pendapatan anggaran juga digunakan untuk menyediakan door prize bagi seluruh peserta.

“Door prize akan diundi pada lokasi finish di halaman SDN Banjaragung II Bareng. Jarak antara garis start dan finish tidak terlalu jauh, karena peserta pawai terbanyak adalah SD, maka menyesuaikan dengan kemampuan kondisi fisik peserta didik,” tambah Sunarko.

Terlibatnya SMP/MTs pada gelaran perayaan tahun baru Hijriyah kali ini tidak lepas dari pemilihan tema yaitu “Pererat Kebangsaaan Menuju Jombang Sejahtera”. Sebagai wujud kebangsaan masyarakat Jombang yang terdiri dari berbagai macam budaya dan agama menjadi poin utama. Sehingga terjalinnya hubungan persaudaraan antar lembaga pendidikan dengan masyarakat akan menjadi penunjang utama terwujudnya kesejahteraan bagi seluruh warga Jombang.

Ec Nyono Suharli Wihandoko menjelaskan ketika memberikan amanat, “Keberlangsungan acara serupa secara rutin setiap tahunnya, merupakan intropeksi bagi kita semua untuk selalu mengingat peristiwa Hijrah Baginda Rasul kita Nabi Muhammad SAW. Supaya bisa menjadi keberkahan bagi diri kita semua beserta semakin memajukan kota kesayangan kita ini.” fakhruddin

No comments

Powered by Blogger.